IBC, BELAWAN – Masih saja ada pegawai atau petugas Puskesmas yang bertindak tidak ramah terhadap masyarakat yang berkunjung atau berobat ke Puskesmas.

Kali ini terjadi terhadap Rinto, seorang warga yang hendak memperpanjang surat rujukan di Puskesmas Jalan Sicanang No. 21, Blok 21, Belawan, Belawan Pulau Sicanang, Medan Kota Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara. (18/12/2019).

Awalnya warga tersebut datang dan ingin memperpanjang surat rujukan yang sudah habis masa berlaku pada 14 Desember kemarin, kemudian seorang petugas yang sedang jaga mengatakan bahwa hari ini tidak bisa karena petugas yang biasa sedang tidak ada di tempat.

Merasa kurang yakin petugas jaga itu kembali bertanya kepada rekannya, (diperkirakan seorang Dokter/perawat karena petugas yang lainnya merahasiakan namanya) namun petugas yang satu ini meresponnya dengan emosi.

“Ini gak perlu pakai rujukan, karena disinipun obatnya ada,” ucapnya dengan nada tinggi.

Merasa kurang puas terhadap jawaban petugas itu, Rinto menyatakan bahwa pengobatan itu sudah berlangsung 6 (enam) bulan.

“Pengobatan ini suda berjalan setengah tahun buk dan sudah ada dokter khusus anak yang menangani. Saya datang kemari dikarenakan surat masa berlaku rujukan sudah habis,” ucap warga tersebut sambil memohon.

Surat rujukan milik warga yang sudah abis masa berlakunya yakni 14 Desember 2019. Foto : Rj/IBC

Setelah mendapatkan jawaban dari Rinto, namun petugas itu mengatakan bahwa dokter anak yang menangani itu sudah melanggar aturan,

“Dokter itu sudah melanggar aturan, kami pun bisa memarahinya,” ucap petugas itu dengan nada keras dan emosi.

Tak berselang lama datang seorang dokter gigi yang ketepatan melihat keadaan tersebut mengatakan kepada warga tersebut agar untuk datang kembali besok.

“Iya sudah besok aja datang kembali ya pak,” kata dokter gigi tersebut untuk menenangkan keadaan.

Walaupun merasa diperlakukan tidak sepantasnya, warga tersebut pun mengharapkan agar kejadian serupa tidak kembali lagi kepada warga lainya.

“Agar pemerintah khususnya bidang pelayanan kesehatan agar bisa kembali memperhatikan warga yang ingin berkunjung atau berobat,” harap Rinto tersebut kepada IBC di halaman Puskesmas Sicanang.

Rinto juga meminta agar pemerintah mengganti seluruh petugas Pukesmas yang tidak bisa melayani dengan baik.

“Serta mengganti semua pegawai hingga dokter yang bertugas di puskesmas yang tidak bisa melayani dengan benar,” tegasnya.

Penulis : Rj | Editor : YES