IBC, JAKARTA – Revolusi Industri 4.0 tak dipungkiri menyebabkan perubahan dalam tatanan masyarakat dan menimbulkan disrupsi. Oleh karenanya hal ini harus dipersiapkan sebaik mungkin, tak terkecuali ASN Kemendagri.

Hal itulah yang dikatakan Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi dalam Seminar Nasional dengan Tema “Strategi Manajemen Media di Era Disrupsi 4.0 untuk Indonesia Maju” di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

“Era Disrupsi 4.0 sudah menimbulkan perubahan yang luar biasa, perubahan fundamental dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, bernegara. Inilah kemudian seluruh ASN harus juga mengantisipasi hal tersebut,” kata Teguh.

Tak hanya soal industri 4.0, bonus demografi dan lima visi Presiden dalam Program Prioritas Pembangunan Nasional juga perlu dimanfaatkan dengan baik agar menjadi potensi bagi bangsa.

“Bukan hanya era disrupsinya, terkait Indonesia Emas 2045, dan kita harus siapkan terkait juga bagaimana lima visi arahan Presiden, termasuk di dalamnya pengembangan SDM,” ujarnya.

Untuk itu, Aparatur Negara atau ASN diharapkan mampu mempersiapkan dan memiliki sejumlah kompetensi yang dapat menjadi kunci dalam menghadapi tantangan zaman.

“Kompetensi tersebut di antaranya kompetensi manajerial, kompetensi teknis sesuai tugas pokok dan fungsi, kompetensi sosial dan kultural, serta kompetensi Pemerintahan,” pungkasnya.

Penulis : RK|Editor : SD