IBC, DOHA – Liverpool melaju ke final Piala Dunia Antarklub 2019 setelah mengalahkan Monterrey pada babak semifinal dengan skor 2-1.

Pertandingan ini berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB.

Pada partai puncak, Juara Liga Champions Eropa 2018/2019 ini akan berhadapan dengan Flamengo.

Tanpa Virgil van Dijk yang cedera membuat Jurgen Klopp memasang Jordan Henderson sebagai bek tengah berpasangan dengan Joe Gomes.

Awal bababk pertama The Reds langsung tampil menekan pertahanan Monterey, alhasil pada menit 11 Keita berhasil membawa klubnya unggul terlebih dahulu.

Gol Liverpool berawal dari kecerdikan Mohamed Salah mengirimkan umpan terobosan ke jantung pertahanan Monterrey dan Keita dengan tenang menceploskan bola ke gawang Monterrey lewat tendangan kaki kanannya.

Namun hanya berselang tiga menit, Monterrey berhasil menyamakan kedudukan melalui sepakan Rogelio Funes Mori yang memanfaatkan bola muntah tepisan Alisson.

Klub asal Meksiko ini mempunyai peluang lewat tendangan Dorlan Pabon pada menit ke-27 namun sayang tembakannya masih bisa ditepis Alisson.

Menjelang babak pertama berakhir, Liverpool memperoleh peluang lewat Naby Keita. Meski sudah lolos dari jebakan offside, tetapi pemain nomor punggung delapan ini tidak bisa melewati kiper Monterrey, Marcelo Barovero.

Hingga wasil meniup peluit panjag tanda berakhirnya babak pertama skor 1-1 tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Liverpool langsung tampil menekan. The Reds sebenarnya kembali memimpin pada menit ke-62 lewat Divock Origi, namun, penyerang asal Belgia itu sudah berada dalam posisi offside.

Liverpool mendapatkan peluang emas pada menit ke-74. melalui Origi yang enerima umpan silang James Milner, sayang dirinya yang tanpa pengawalan gagal menjaringkan bola ke gawang Monterrey.

Jurgen Klopp melakukan pergantian terakhir yakni menarik keluar Origi dan memasukan Roberto Firmino di menit 85. Sebelumnya Liverpool telah melakukan 2 (dua) kali pergantian yakni memasukan Tren Alexander-Arnold dan Sadio Mane dengan menarik keluar Jame Milner dan Chamberlain.

Firmino yang baru lima menit tampil.di lapangan dapat mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari penetrasi Salah dari sisi kanan pertahanan Monterey kemudian mengirim umpan kepada TAA.

Selanjutnya Alexander-Arnold mengirimkannumpan silang ke dalam kotak penalti dengan sontekan Firmino membobol gawang Monterrey.

Tak ada gol tambahan hingga babak kedua berakhir dan kedudukan 2-1 untuk Liverpool bertahan.

Susunan pemain Monterrey vs Liverpool

Monterrey (5-4-1): 1-Marco Barovero; 33-S Medina, 3-C Montes, 4-N Sanchez, 11-L Vangioni, 17-J Gallardo; 8-D Pabon, 29-C Rodriguez, 16-C Ortiz, 20-R Pizzarro, 7-R Funes.

Pelatih: Antonio Mohamed

Liverpool (4-3-3): 1-Alisson Becker; 7-James Milner, 12-Joe Gomez, 14-Jordan Henderson, 26-Andrew Robertson; 15-Alex Oxlade Chamberlain, 20-Adam Lallana, 8-Naby Keita; 11-Mohamed Salah, 123-Xerdan Shaqiri, 27-Divock Origi.

Pelatih: Juergen Klopp

Penulis : FA | Editor : YES