IBC, JAKARTA – Liverpool sang pemuncak sementara Liga Primer Inggris hanya mampu unggul tipis 1-0 saat menjamu Wolverhampton di Anfield, Minggu (59/12/2019) malam WIB.

Satu-sataunya gol yang tercipta di pertandingan ini dicetak oleh Sadio Mane dan diwarnai dua keputusan yang berbeda melalui VAR.

Dengan kemenangan ini membuat Liverpool makin kokoh bertengger di punca klasemen dengan poin 55 dan ini merupakan pertandingan ke-50 Liverpool di Anfield tanpa kekalahan.

The Reds langsung tampil menekan pertahana Wolve di awal babak pertama dan berhasil mendapatkan peluang untuk mencetak gol cepat melalui Salah. Bintang asal Mesir ini gagal memanfaatkan umpan dari Trent dari sayap kanan pada menit keempat, sayang bola sontekannya di muka gawang masih melambung tinggi.

Wokve yang pada oertandingan sebekumnya mampu mengalahkan Manchester City mampu meladeni tekanan Liverpool.

Salah kembali mendapatkan peluang emas di menit ke-21 namun sayang bola tendangan first time-nya usai mendapat umpan dari Mane bisa dimentahkan oleh Patricio Rui.

Kali ini peluang Liverpool pada menit ke-30 berasal dari Mane, namun tendangan kaki kirinya di dalam kotak penalti dapat di blok pemain bertahan Wolve.

Anak asuh Jurgen Klopp akhirnya dapat memecah kebuntunan pada menit 41. Berawal dari umpan panjang van Dijk yang diterima Lallana dengan bahunya dan pantulan bolanya mengarah ke Mane dan langsung disontek kaki kanannya.

Gol Mane sempat dianuli wasit karena menganggap Lallana menyentuh bola dengan tangannya namun setelah melihat XAR akhirnya wasit mensahkan gol tersebut.

Neto sempat menyamakan kedudukan pada menit 45+3 namun golnya dinulir wasit lagi-lagi melalui drama VAR yang menyatakan salah satu pemain Wolves telah terperangkap offside.

Babak pertama pun ditutup dengan kemenangan 1-0 Liverpool atas Wolverhampton.

Usai turun minum, Wolverhampton tampil menyerang yang membuat tempo pertandingan di awal babak kedua meningkat.

Serangan mereka memang masih belum bisa mendobrak pertahanan Liverpool. Namun jika alur pertandingan terus seperti ini, gawang Alisson berada dalam bahaya besar.

Di menit 68, Van Dijk melakukan blunder dengan memainkan bola di sepertiga daerah pertahanannya sendiri, ia terpeleset dan berhasil dicuri oleh Jota, dengan cepat menggiring bola tetapi Alisson mampu melakukan penyelamatan yang gemilang dengan menepis bola tersebut.

Tujuh menit jelang pertandingan berakhir, Wolve kembali mendapat peluang kali ini lewat Jimenez yang memenangkan perebutan bola dengan Trent dan mendapat ruang tembak di kotak penalti. Beruntung dengan sigap Gomes mampu memblok bola hasil tendangan tersebut.

Detik-detik akhir pertandingan, Traore mendapatkan peluang, tetapi tembakan kerasnya mampu dibelokkan keluar pemain bertahan Liverpool.

Hingga waktu 90 menit berakhir tidak ada gol tambahan dan kedudukan 1-0 tetap bertahan.

SUSUNAN PEMAIN
Liverpool : Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joseph Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Adam Lallana, Jordan Henderson (c), Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Wolves : Rui Patricio; Ryan Bennett, Conor Coady (c), Max Kilman; Jonny, Leander Dendoncker, Ruben Neves, Joao Moutinho, Ruben Vinagre; Pedro Neto, Diogo Jota.

Penulis : FA | Editor : MAS