IBC, JAKARTA – Arsenal tumbang di tangan Chelsea dalam Derby London pada lanjutan Liga Primer Inggris dengan skor 2-1 yang berlangsung di Stadion Emiret, Minggu (29/12/2019).

The Gunners sempat unggul di babak pertama tetapi dua gol yang dibuat Chelsea pada delapan menit terakhir menyelesaikan permainan tuan rumah.

Hasil ini membuat Arsenal tetap tertahan di posisi ke-12 dengan 24 poin, sementara itu dengan kemenangan ini membuat Chelsea mempertahankan posisinya di peringkat empat dan semakin mendekati Manchester City di peringkat ketiga

Di awal babak pertama, Arsenal tampil menekan pertahanan Chelsea denagn mendapat peluang namun tendangan bebas Ozil gagal menjadi gol. Tendangan bebas ini berawal dari pelanggatlran keras Rodger terhadap Nelson.

Akhirnya Arsenal mampu mencetak gol di menit ke-13, berawal umpan tendangan sudut Ozil. yang gagal diantisipasi Kepa bola mengarah ke Aubameyang dan langsung disambut dengan sundulan keras menembus gawang yang sudah kosong.

Tim asuhan Arteta mendapatkan peluang matang di menit ke-25 namun dengan sigap Kepa dapat memotong umpan berbahaya Aubameyang sehingga dapat menyelamatkan gawangnya tidak kebobolan untuk kedua kalinya.

Aubameyang mendapatkan peluang matang saat pertandingan tersisa tiga menit di waktu normal. Ia yang tinggal berhadapan dengan Kepa gagal memanfaatkan peluang emas itu karena tembakannya masih melebar di sis kanan gawang.

Sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama skor 1-0 untuk Arsenal tidak berubah.

Chelsea yang tertinggal satu gol pada babak pertama tampil menekan di awal babak kedua untuk menyamakan kedudukan.

Walaupun terus ditekan, Arsenal berhasil mendapatkan dua kali peluang matang masing melalui Aubameyang dan Lacazette. Namun masih belum ada gol yang diciptakan lagi oleh tuan rumah.

Di menit ke-65, Abraham mendapatkan peluang emas saat menerima umpan terobosan rekannya, namun tembakannya masih dapat di blok David Luiz

Willock yang berdiri di depan gawang Kepa mendapatkan peluang emas di menit ke-78, namun sepakan sembari memutar badan masih melebar di sisi kanan gawang.

Tekanan intens dari Chelsea untuk memburu gol akhirnya berbuah manis juga di menit ke-82. Berawal dari tendangan bebas Mount. Leno yang berusaha menggapai bola namun gagal dan kemudian langsung disambut Jorginho untuk mengirimkan bola ke gawang kosong.

Sebelum memutuskan gol wasit melihat terlebih dahulu VAR dan akhirnya mengesahkan gol Jorginho tersebut.

Malapetaka untuk Arsenal datang di menit 87, diawali dari serangan balik Willian yang menguasai bola di sisi kanan mampu memberikan sodoran silang kepada Abraham, dan berhasil menmbak bola melewati kedua kaki Leno sehingga bola meluncur ke gawangnya skor pun berubah menjadi 2-1 untuk Chelsea.

Hampir saja Abraham kembali mencetak gol keduanya di pertandingan ini namun sayang tembakannya di menit 93 masih melebar.

Kedudukan 2-1 untuk Chelsea bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain
Arsenal XI (4-2-3-1): Leno; Chambers, David Luiz, Maitland-Niles, Saka; Guendouzi, Torreira; Nelson, Ozil, Aubameyang; Lacazette.
Pelatih: Mikel Arteta

Chelsea XI (4-3-3): Kepa; Rudiger, Zouma Tomori; Azpilicueta, Emerson, Kante, Kovacic; Mount, Willian, Abraham.
Pelatih: Frank Lampard

Penulis : FA | Editor : MAS