IBC, JAKARTA – Hujan dengan intensitas tinggi sejak Selasa (31/12/2019) sore menjadikan Ibu Kota Negara dan sekitarnya mengalami musibah banjir. Tak banyak yang dapat diperbuat selain pasrah, namun bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat, dengan transmisi matic yang terendam air akibat banjir, ada beberapa tips cara menghadapinya.

Menurut Teknisi Ahli di Worner Matic, Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic, Hermas Prabowo memberikan tipsnya, Pertama, geser tuas ke ‘N’ dengan menekan shift lock, lalu selanjutnya Kedua, tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin, saat kondisi sudah memungkinkan.

“Makin lama terendam, potensi kerusakan makin parah,” tegasnya.

Mobil Terendam Banjir Setelah Surut. Foto : Dok|IBC

Ketiga, lanjut Hermas, jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil meskipun hanya sesaat atau coba-coba, dan Jangan pula men-jumper baterry.

“Keempat, lepas konektor baterry di kutup negatif, untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan,” ujar Hermas, Kamis (2/1/2020).

Namun kata Hermas, cukup sampai di poin 3, selanjutnya adalah pekerjaan bengkel atau mekanik profesional.

“Usahakan jangan mencoba untuk menangani apapun sendiri, mobil matic sepenuhnya dikendalikan oleh sistem electric, penanganan awal yang salah bisa membuat kerusakan meluas dan parah,” sambungnya.

“Segera panggil towing, dan bawa mobil matic ke bengkel yang mengerti betul sistem mekanis, hidrolis, kelistrikan, dan komputer mobil matic, jangan berspekulasi,” tutur Hermas.

Begitu juga lanjut dia, sebaiknya mencari bengkel yang benar-benar profesional. Hindari pengerjaan di rumah karena keterbatasan alat seperti kompresor angin, alat kelistrikan dan scan tool membuat hasil kerja tidak maksimal.

“Dengan penanganan yang tepat dan tidak terlambat, mobil matic Anda bisa diselamatkan tanpa biaya yang besar dan kerusakan yang parah,” pungkasnya.

Penulis : DN|Editor : SD