IBC, JAKARTA – Pengamat politik memprediksi tahun 2020 kondisi politik nasional semakin memanas. Pasalnya menurut Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie, bahwa isu skandal PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan majunya anak presiden Jokowi, Gibran Rakabuming sebagai Bakal Calon Walikota Solo akan menjadi perbincangan publik.

“Di atas kertas Gibran mempunyai potensi unggul, alasannya nama bapaknya sangat berpengaruh selain juga didukung partai raksasa, PDIP. Sehingga akan sulit bagi pesaingnya untuk menaklukkan,” terang Jerry kepada wartawan di Jakarta, Minggu (5/1/2020).

Selain itu, Jiwasraya juga akan terus digoreng, lantaran kata pakar komunikasi ini, itu isu politik nasional yang paling hot (panas). “Apalagi ada yang menuding dana Jiwasraya dipakai dalam ajang pilpres 2019,” tuturnya.

Begitu juga dengan Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution yang maju sebagai calon kepala daerah (Solo dan Medan). Menurut Jerry kedua anak dan menantu Jokowi tersebut berjibaku mencoba peruntungan politik sehingga akan menarik perhatian publik.

“Koalisi di Pilpres bisa pecah di pilkada serentak. Jadi politik 2020 ini menjadi barometer politik 2024,” bebernya.

Menutup analisisnya, Jerry juga memprediksi bahwa di tahun 2020 ini juga ada nama-nama yang terlibat dalam konspirasi penggulingan mendiang presiden Gus Dur beredar, dan hal tersebut sedang di tunggu masyarakat.

“Banyak tokoh-tokoh penting yang terlibat dalam penggulingan Gus Dur,” pungkasnya.

Penulis : AI|Editor : SD