IBC, TALIABU – Pasca pelaksanaan survei untuk Akreditasi Puskesmas (PKM) selama beberapa pekan di delapan Kecamatan di Kabupaten pada Desember lalu, ada dua puskesmas yang belum diakreditasi.

Kadis Kesehatan Pulau Taliabu Kuraysia Marsyaoli bersama Tim surveyor dari Tim Akreditas Propinsi Maluku Utara menetapkan 4 unit PKM serta 1 unit rumah sakit sudah yang terakreditasi.

“Keempat puskesmas yaitu Puskesmas Kecamatan Loseng, Puskesmas Kecamatan Taliabu Barat Laut (Nggele), Puskesmas Kecamatan Taliabu Utara (Gela) serta Kecamatanb Taliabu Timur (Samuya),” sebut Kuraysiah kepada wartawan IBC di ruang kerjanya, Selasa (07/01/20) kemarin.

Kuraysiah menjelaskan, bahwa ke empat Puskesmas di Kecamatan Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara sudah memenuhi standar pelayanan, sehingga dengan status yang diberikan semakin membuat aktifitas pelayanan dimasing-masing puskesmas makin berkualitas.

“Ada 4 puskesmas terakreditasi dengan nilai lulus, ditambah satu rumah sakit. Jadi Samuya dan Nggele statusnya lulus utama, kemudian Loseng statusnya Madya, serta Gela statusnya dasar,” jelasnya.

Menurut dia, semua ini sebagai amanah untuk memperbaiki segala kekurangan-kekurangan pihaknya, dengan tekad, kinerja maupun pelayanan yang lebih baik lagi kedepan.

“Diantara delapan puskesmas, sudah enam yang terakreditasi, ditambah satu rumah sakit, tinggal dua puskesmas yang Insya Allah siap satu puskesmas untuk disurvei, dan diakreditasi tahun depan,” tukasnya.

Tidak hanya itu dirinya juga membutuhkan bantuan pendamping akreditasi Kabupaten serta teman-teman pendamping Provinsi yang mendukung.

“Dan kami juga berterima kasih kepada dinas kesehatan provinsi dan jajarannya yang telah banyak mensuport kami untuk terus melangkah, terus maju. Insya allah Dinas Kesehatan Taliabu semakin baik dalam melayani masyarakat,” tutupnya.

Penulis : HVD | Editor : YES