IBC, JAKARTA – Cerita pemilik mobil super mewah Lamborgini yang mengumbar tembakan senjata api ke arah pelajar bak film koboi, belum berakhir. Polisi menelusuri darimana Abdul “Koboi” Malik mendapatkan senjata api tersebut.

Belakangan barulah terungkap pemasoknya Axel Gondokusumo. Tak perlu butuh waktu lama polisi langsung meringkus Axel di kediamannya. Pria berusia 22 tahun ini ternyata putra dari aktris seksi di era 90-an, Ayu Azhari.

Selain musisi, Axel juga dikenal sebagai pendakwah. Anak pertama Ayu Azhari dari suami pertamanya Wisnu Djody Gondokusumo ini ternyata juga mantan caleg DPR RI dari PAN.

Status anak Ayu Azhari saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penjualan senjata api ilegal. Ia bersama dua orang lainnya ditangkap polisi pada Minggu (29/12/2019) di Jakarta.

Diduga, anak Ayu Azhari menjadi perantara kegiatan jual beli senpi ilegal yang melibatkan pelaku penodongan pistol di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, yang dikenal dengan sebutan ‘aksi koboy Lamborghini’, beberapa waktu lalu.

Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Andi Sinjaya Ghalib, peran Axel dalam kasus ini sebagai perantara atau calo penjualan senjata api kepada Abdul Malik.

Foto : Editor.id

“Iya dia hanya perantara, dia yang menawarkan dan menjembatani sehingga terjadinya transaksi jual-beli senjata tersebut,” Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan Kompol Andi Sinjaya Ghalib menyampaikan keterangan di kantornya, Rabu (8/1/2020).

Sudah saling kenal, awalnya Axel menawarkan senjata api kepada Abdul Malik. “Sehingga dia (ADG) percaya dan dia menawarkan kepada AM, dan AM juga dengan sejumlah senjata yang dia miliki juga memiliki ketertarikan secara khusus terhadap senjata-senjata api,” kata Andi.

Kepada penyidik, Axel mengaku dijanjikan sejumlah uang atas penjualan senjata api ilegal tersebut. Namun, pihak kepolisian enggan menyebut nominal pasti yang dijanjikan.

Iya dijanjikan sejumlah uang, pokoknya dari hasil jual beli itu dia (ADG) mendapatkan uang atau fee hasil dia menjualkan senjata api ilegal,” ujarnya.

Andi menambahkan, bahwa pihak keluarga Ayu Azhari sudah tahu mengenai penangkapan putranya terkait menjadi perantara jual beli senjata api (Senpi) ilegal terhadap Abdul Malik (AM).

“Orangtua ADG (Ayu Azhari) sudah tahu. Semua keluarga tersangka kita informasikan dan kita beritahukan berkaitan jika ada keluarganya yang ditangkap atau ditahan,” ucapnya.

Meski begitu, Andi Sanjaya menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melakukan pemeriksaan terhadap Ayu Azhari. Dia cuma membenarkan sang artis sudah menjenguk putranya.

“Ya sudah (membesuk) dan sudah kita infokan kepada keluarganya,” ujar Andi Sinjaya.

Dalam bisnis itu, Axel bekerja sama dengan temannya Muhammad Setiawan Arifin (MSA) dan Yunarko (Y) yang kini juga telah menjadi tersangka. Ketiganya pun dijerat Pasal 12 UU Darurat No 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Selama ini, Axel Djody Gondokusumo memiliki kiprah yang terbilang jauh dari dunia bisnis ilegal. Axel dikenal memiliki hobi bermusik. Bahkan, ia sempat membuat soundtrack untuk sebuah film layar lebar.

Sumber : Editor.id
Penulis : AI|Editor : SD