IBC, TERNATE – Ikbal Hi. Djabid bakal calon (balon) Walikota Ternate Tahun 2020/2025 menjadi orang pertama yang memaparkan visi misi di depan Tim rekrutmen Dewan Pimpinan Cabang Partai Bulan Bintang (DPC PBB) Kota Ternate, Panelis yang terdiri dari Akademisi serta Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PBB Maluku Utara.

Dalam pemaparannya, Ikbal mengatakan visi-misinya lebih kepada masalah krusial yang ada di Kota Ternate.

“Saya banyak melihat hal-hal yang krusial di Kota Ternate, terutama masalah pendidikan, kesehatan dan tata kelolah pemerintahan,” sebutnya kepada awak media di Resto D’Stadion, Kota Ternate, Sabtu (11/01/20).

Ikbal juga menyebutkan dari sekian banyak masalah salah satunya adalah terkait dengan mutu pendidikan.

“Masih rendahnya mutu pendidikan, sehingga kita mencari solusi peningkatan Sumber daya manusia (SDM) Guru yang perlu kita genjot,” cetusnya.

Lebih lanjut Ikbal mengatakan untuk wilayah kesehatan ia menginginkan membangun Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kota Ternate.

“Saya juga melihat belum adanya Rumah Sakit Umum Daerah Kota Ternate, bahkan Puskesmas belum masuk dapat kategori Puskesmas rawat inap atau rawat jalan dan masih rendahnya mutu/kwalitas pelayanan kesehatan, solusinya harus ditingkatkan pelayanan tersebut,” papar Ikbal.

Masih kata Ikbal ada juga, belum meratanya pembangunan jalan, jembatan, di seluruh wilayah Kota Ternate, Khususnya di wilayah Moti, Hiri dan Batang Dua.

“Tambahan pengelolaan drainase yang kurang maksimal sehingga banyak genangan air, solusinya harus menyiapakan sistem drainase,” tambanya.

Selanjutnya Ikbal juga menyoroti terkait dengan belum optimalnya pengelolaan sampah dan Sistem sanitasi air tidak ramah lingkungan.

“Perlu menyiapakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat di tiap kelurahan dan menyiapkan sumber daya air tanah dengan membuat rembesan di setiap rumah warga untuk menentukan setiap debit air,” jelas Ikbal.

Tidak hanya itu pemilik nama lengkap Ikbal Hi. Djabid itu juga melihat belum meratanya pelayanan publik berbasis teknologi, serta ketahanan pangan di Kota Ternate.

“Saya siap mengadakan penyedian internet gratis untuk warga Ternate di tiap ruang publik dan untuk ketahanan pangan harus kita akui bahwa sebelumnya kurang optimal karena banyak kerja sama dengan pihak luar,” terangnya.

“Membangun ketahanan pangan, solusinya adalah dengan penyediaan lahan di Kecamatan Moti, Batang Dua dan Hiri,” sambung Ikbal.

Dari penyampaian visi misi tersebut Ikbal bilang ia sangat mengapresiasi DPC PBB dan para senior yang pernah menjadi orang nomor satu di Kota Ternate.

“Maka hal-hal ini perlu kita Perhatikan, memang betul yang para pendahulu sudah lebih dulu apakah sudah baik? Belum tentu, makanya kita harus memperbaiki yang menjadi kekurangannya,” tutup Ikbal.

Penulis GM|| Editor : YES