IBC, CIKEAS – Kegiatan penghijauan yang digagas oleh Kesatuan Polisi Republik Indonesia (Polri) diselenggarakan sekaligus untuk memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari. Sebanyak 2020 pohon ditanam secara serentak dalam kegiatan tersebut.

“Polri Peduli Penghijauan” yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Brimob, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/1/2020). Pohon jenis Matoa (Pomea Pinnata) ditanam Kepala BNPB pada lubang tanam yang telah disediakan bersama Kapolri Idham Azis dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Kapolri Idham Azis mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan ritual yang telah dijalankan Polri selama berpuluh-puluh tahun lalu. Dalam sambutannya Alumni Akabri A (Akpol A) angkatan 1988 itu mengenang agenda tahunan itu sejak ia masih Ibda, Briptu, Bripda, Kapten hingga kini menjabat sebagai orang nomor satu di jajaran Polri.

Idham berharap dengan kegiatan penanaman pohon tersebut dapat menggugah nurani sebagai anak bangsa agar dengan ikhlas menanam pohon untuk generasi yang akan datang.

“Semoga apa yang kita tanam hari ini bisa menjadi kenangan dan kebanggaan di masa depan dan menjadi cerita kepada anak cucu kita kelak,” ujar Idham.

Lebih lanjut kegiatan penghijauan tersebut sekaligus dilakukan untuk mengurangi risiko bencana alam seperti yang terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten pada awal tahun 2020.

Sebelum melakukan penanaman, Kapolri Idham Azis menyerahkan bibit tanaman kepada salah satu perwakilan warga dari 2000 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Bogor.

Acara penanaman pohon tersebut juga dihadiri dan diikuti oleh Bupati Bogor, Forkominda, Kapolda Jawa Barat, Kepala Balai Pengelolaan DAS, Musisi pemerhati lingkungan dan anggota Polri serta undangan lainnya.

Laporan : SYT|Editor : SD