IBC, JAKARTA – Berdasarkan data hasil tim konselor penelitian perkembangan penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Defiency Syndrome (AIDS), angka LGBT di Sumbar tercatat sebanyak 18 ribu orang.

Terkait hal itu Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menyatakan, jumlah Lesbian Gay Biseksual dan Trangender (LGBT) di Sumbar, terbanyak di Indonesia.

Angka ini sangat mengejutkan,” ujar Nasrul Abit seperti diberitakan tribunnews.com, beberapa waktu yang lalu.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit. Foto : padang.tribunnews.com

Menurutnya, LGBT menjadi salah satu penyebab penularan penyakit HIV/AIDS. Ia khawatir angka HIV/AIDS di Sumber semakin meningkat.

Saat ini Sumbar, lanjut Nasrul sedang menghadapi tantangan perilaku LGBT. Hal tersebut kata dia menjadi persoalan serius. “Sumbar berada pada peringkat pertama kasus LGBT. Kita menolak tegas perilaku LGBT, tidak ada toleransi bagi mereka di Ranah Minang,” tegas Wagub.

Dalam budaya Minangkabau dengan filosofi ada basandi syarak, syarak basandi kitabullah, “jelas jelas LGBT tidak ada dalam budaya Minangkabau,” terangnya.

Begitu juga sambung Wagub, dalam ajaran Islam yang kental di Sumbar, melarang tegas perilaku LGBT. “Semua agama melarangnya dan tidak baik juga dari segi kesehatan,” pungkasnya saat silahturahmi dengan perantau asal Passel di Kota Jambi beberapa waktu yang lalu.

Sumber : Tribunnews.com
Penulis : AI|Editor : SD