IBC, TERNATE – Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Suroto, Beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku Utara melaksanakan penyambutan kehadiran Panglima TNI dan Kapolri Beserta Rombongan di Bandara Pitu Morotai, Kamis (16/01/2020).

Penyambutan itu dalam rangka kunjungan kerja Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta Rombongan di Kabupaten Pulau Morotai.

Tujuan kunjungan kerja Kapolri dan Panglima TNI di Pulau Morotai untuk mengecek kesiapan pengamanan di daerah perbatasan untuk menjaga kedaulatan NKRI, dan memastikan pilkada serentak 2020 berjalan aman dan lancar, serta netralitas anggota TNI dan Polri dalam pilkada.

Kapolri dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas dedikasi dan loyalitasnya serta sinergitasnya yang telah ditampilkan oleh XVI/Pattimura, Polda Maluku dan Maluku Utara.

“Saya minta kalian tidak boleh ke kiri atau kanan, saya minta kalian junjung tinggi netralitas,” ujar Idham.

Selain netralitas, Kapolri juga mengajak personilnya untuk selalu mengawal pemilu dengan aman dan tertib.

“Saya juga tidak mau mendengar jajaran Maluku Utara pada saat Pilkada nanti ada anggota polri yang tidak netral dalam pelaksanaan pengamanan, dan saya menghimbau agar personel Polri menyadari karena kehadiran TNI-Polri mampu mengawal pelaksanaan pemilu dengan aman tertib,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan dalam pelaksanaan Pilkada Polda Maluku Utara diharapkan mempersiapkan Pengamanan yang benar-benar siap dan rencanakan dengan baik karena perencanaan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik.

“Ini bukan tentang siapa yang hebat, ini tentang kebersamaan TNI/Polri yang tidak bisa dinilai dengan apapun, itulah yang namanya kristalisasi nilai nilai soliditas dan sinergitas,” tutup Kapolri.

Senada dengan itu, dalam acara yang sama Panglima TNI juga memberikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras kepada prajurit TNI-Polri pada tahun 2019 sehingga Pilkada serentak dapat dilaksanakan dengan aman dan damai.

“TNI Polri juga harus memberikan contoh yang namanya kebersamaan, TNI Polri netral, tidak ada politik praktis dan kita membantu pemerintah dan mensukseskan dan semuanya berhasil,” ujar Hadi yang juga lulusan Akademi Angkatan Udara itu.

Lanjutnya mengatakan, dilihat dari situasi nasional saat ini banyaknya ekploitasi Sumber Daya Alam (SDA) dan menjadi kewajiban kita semua melawannya.

“Saya datang ke sini mendengar secara langsung paparan terkait SDA kita yang berhimpitan dengan wilayah Philipina dan itu secara khusus baik TNI Polri karena ancaman dari utara pun ada,” terangnya.

Selain itu juga Hadi mengatakan, ada infrastruktur yang masih kekurangan di Maluku Utara, namun ia optimis masih memiliki upaya untuk bisa melaksanakan operasi dalam rangka mengamankan wilayah NKRI dan itu semua menjadi tanggung jawab bersama.

“Bahwa ekploitasi baik di laut dan di darat kita harus bisa mengamankannya dan apabila kita bisa mengamankan tujuannya hanya satu, yaitu untuk kesejahteraan seluruh rakyat indonesia,” pungkas Panglima TNI.

Penulis : Gamal|Editor : YES