IBC, TALIABU – Rapat Paripurna DPRD Pulau Taliabu dalam menyepakati RPJMD Tahun 2016-2021 yang diusul oleh Pemerintah Daerah selain karena adanya perubahan regulasi dan perubahan arah kebijakan Nasional juga karena perubahan Organisasi Perangkat Daerah Pulau Taliabu yang dituntut untuk melakukan penyesuaian, Senin (13/01/2020).

Rapat Paripurna yang dihadiri oleh yang mewakili Bupati Pulau Taliabu yakni Asisten Bupati, OPD, serta seluruh Anggota DPRD Pulau Taliabu.

Amatan media di lokasi Ketua DPRD Pulau Taliabu Meilan Mus mengatakan bahwa RPJMD memuat Perencanaan Daerah yang terdiri dari visi-misi serta dalam pelaksanaan pembangunan di Pulau Taliabu.

“RPJMD terdiri dari visi-misi, tujuan, sasaran, strategis, arah kebijakan, program prioritas serta indikasi pembinaan, bagi penyelenggaraan pemerintah dan pelaksanaan pembangunan Pulau Taliabu,” paparnya.

Selain itu, usulan perubahan Perda RPJMD oleh Pemerintah Daerah merupakan jangka waktu 5 tahun yang disepakati oleh Anggota DPRD Pulau Taliabu sebagai pedoman 5 tahun kedepan, dan kemudian akan menjadi acuan penyusunan rencana tahunan yang dituangkan dalam  rencana kerja Pemerintah Daerah RKPMD Kabupaten Pulau Taliabu.

Terkait hal itu, Anggota DPRD Kabupaten Pulau Taliabu Fraksi Partai Pembaharuan Kebangkitan Bangsa (PKB) Sukardinan Budaya dalam penyampaian pandangan akhir mengatakan RPJMD merupakan induk dari sebuah Perencanaan Kebijakan Daerah.

“Pentingnya RPJMD sebagai induk dari Perencanaan Kebijakan Pembangunan Daerah juga sebagai Induk manajemen pengelolaan anggaran dan program pembangunan sebuah daerah,” tutup Sukardinan.

Penulis : Havid | Editor : YES