IBC, BANDUNG – Aksi demonstrasi dari sebagian massa yang menuntut kembalinya mereka ke dalam Panti Wyata Guna Bandung, Jawa Barat setelah dikabarkan terjadi ‘pengusiran’ para disabilitas tuna netra penghuni Panti, aksi berlangsung di Jalan Pajajaran Bandung, beberapa waktu yang lalu.

Hal itu juga menyebabkan keramaian di media sosial dan telah menjadi perbincangan publik, khususnya di Kota Bandung, karena aksi dilakukan di pinggir jalan dan melibatkan para penyandang disabilitas tunanetra.

Menanggapi hal itu juga, Anggota Komisi VIII DPR RI Hj Selly Andriany Gantina menyampaikan rasa simpatinya, “Ini peristiwa kemanusiaan yang menjadi tanggungjawab kita semua, jangan sampai kemudian dibalut nuansa tidak sehat karena missinformasi dan ketidakpahaman penyelesaian masalah,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Menurut Selly Gantina, Pemerintah Provinsi Jabar harus lebih proaktif dalam masalah ini agar tidak berkembang isu yang makin meluas.

“Tidak ada itu pengusiran, yang ada hanya terminasi akibat perubahan Panti Sosial menjadi Balai. Secara prinsip penguatan kelembagaan itu. Saya sudah berkorespondensi dengan Gubernur dan DPRD Provinsi Jabar, prinsipnya mereka akan mencari solusi dengan memindahkan para penyandang disabilitas penerima manfaat rehabilitasi ke UPTD Provinsi di Cibabat. Saya juga minta Pemprov Jabar saat ini untuk lebih persuasif menyelesaikan masalah ini,” terang Selly.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa ia tidak menampik rumitnya masalah dalam kasus ini bisa mengganggu kredibilitas Pemprov Jawa Barat. Namun Selly berusaha mengajak semua komponen masyarakat, aktivis pemerhati, para penerima manfaat yang diterminasi dan masih berdemo, untuk berpikir tenang dan teduh.

“Jangan mudah diprovokasi oleh pihak-pihak diluar sana. Pemprov bisa meningkatkan layanan UPTD di Cibabat kok, jangan sampai anak-anak tidak sekolah dan belajar hanya karena diombang-ambing ketidakpastian” tambah Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan ini.

Selly juga memastikan akan menaruh masalah ini dalam prioritas utama di Komisi VIII DPR. “Soal pembagian wewenang pusat dan daerah, soal distribusi rehabilitasi vokasional, akan saya prioritaskan untuk dibahas di Komisi VIII,” pungkasnya.

Untuk diketahui Selly Andriany Gantina adalah Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat VIII. Sebagai sosok muda dan enerjik, mojang Bandung yang akrab disapa Selly Gantina ini dikenal sebagai legislator ulung yang fokus pada persoalan kemiskinan, kesejahteraan, dan juga bencana.

Penulis : IG|Editor : SD