IBC, TALIABU – Bupati Kabupaten Pulau Taliabu membentuk tim gabungan untuk melakukan audit internal dan monitoring pelaksanaan penggunaan Dana Desa (DD) serta Alokasi Dana Desa (ADD) pada keseluruhan desa di Kabupaten Pulau Taliabu.

Pelaksanaan monitoring dan audit yang dimulai dari 9 desa di wilayah Kecamatan Taliabu Timur Selatan, pekan kemarin 15 Januari hingga Minggu siang kemarin 19 Januari 2020, telah memasuki 7 desa diwilayah Kecamatan Tabona.

Kepala bagian tata pemerintahan sekretariat daerah Kabupaten Pulau Taliabu Amrul Badal mengatakan ada tiga OPD.

“Tim gabungan dari tiga organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten pulau Taliabu yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat daerah, dan Inspektorat,” paparnya saat ditemui reporter IBC di Desa Tabona, Senin (20/01/2020).

Selanjutnya Amrul mengatakan ini dilakukan bertujuan memonitoring dan mengaudit penggunaan DD maupun ADD tahun anggaran 2018 dan 2019.

“Tim ini dibentuk oleh Pak Bupati terdiri dari kami di pemerintahan, Inspektorat dan DPMD, 3 instansi itu, tujuannya untuk mengaudit dan memonitoring pelaksanaan pembangunan dan sekaligus memberikan pembinaan pada pemerintahan desa, agar pengguna dana desa tepat pada sasaran yang ada di desa, secara keseluruhan pada 71 desa di pulau taliabu,” bebernya.

Amrul menambahkan setelah nanti kegiatan monitoring ini kita lakukan di keseluruhan desa, kita kembali ke Bobong.

“Kemudian kita duduk bahas bersama dan hasilnya akan kita sampaikan,” tambahnya.

Saat ditanya keluhan aparat desa yang pembayaran tunjangannya hanya satu triwulan padahal pembayaran itu dibayarkan secara keseluruhan 3 triwulan, oleh kepala desa Habunuha, Kecamatan Tabona menggunakan alokasi dana desa (ADD) tahun anggaran 2019, inspektur inspektorat dan Gesberd Tani.

“iya memang benar itu juga data informasi yang kita dapatkan di lapangan, ada kurang pembayaran tunjangan aparat desa, nanti akan kita sandingkan dengan realisasi anggaran dari daerah, pada rekening desa dulu, intinya kita tidak mau sepihak nanti setelah semuanya rampung baru kita sampaikan semua hasil-hasil temuan kita di lapangan,” tutup Amrul.

Penulis : Havid|Editor. : YES
Copy Editor : AS