IBC, TERNATE – Pemerintah Kecamatan Ternate Utara, (Camatara) pada awal Tahun 2020, akan melakukan beberapa program unggulan.

Camat Ternate Utara Julkifli, mengatakan untuk awal tahun 2020 akan melakukan dua program unggulan.

“Program yang pertama, yaitu dari IPSA menjadi AKSA, kualitas air hujan kita tingkatkan lewat Elisa, (elaktabilisasi air hujan) sehingga air hujan tersebut bisa siap untuk di konsumsi. Dan ada manfaat terapi juga di dalamnya,” jelas Jul sapaan akrab Julkifli kepada wartawan IBC di ruang kerjanya, Selasa (21/1/2020).

Lanjutnya mengatakan untuk kantor Camat pemakaian air dalam pengkantoran tidak terlalu banyak jumlahnya.

“Kita memanfaatkan air hujan agar bisa bermanfaat bagi segala kebutuhan yang ada di kantor. Sehingga penghematan anggaran juga bisa dikurangi,” tutur Jul.

Jul beralasan ia melakukan hal tersebut agar kegunaan air bisa didistribusikan untuk masyarakat.

“Ini dilakukan agar air PAM bisa diberikan kepada masyarakat yang mengalami krisis air bersih seperti di wilayah penggunungan,” terang dia.

Tidak hanya itu Jul mengatakan Kantor camat juga akan mengembangkan cek atau office, adalah program kantor yang berbudaya lingkungan.

“Dengan program ini meningkatkan efesiensi dan efektifitas sumberdaya air dan listrik. Sehingga penggunaan untuk toilet tidak lagi memakai air PAM, tetapi memanfaatkan air hujan,” paparnya.

Dan untuk listrik Jul mengatakan Kantor Camat Ternate Utara menggunakan energi surya.

“Untuk listrik kita memanfaatkan energi Surya, karena kebutuhan kita sehari hari seperti AC, Komputer, dan alat elektronik lainya di suplai lewat tenaga Surya. Di harapkan ada efesiensi pembayaran listrik,” tutup Camat muda itu.

Penulis : Sam | Editor. : AS