IBC, TALIABU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu masih menunggu laporan pertanggungjawaban dari pihak ketiga (Kontraktor – red).

BPBD Kabupaten Pulau Taliabu akan segera melakukan tanggap darurat dalam tanda kutip jika pihak ketiga (Kontraktor – red) telah menyelesaikan laporan pertanggungjawaban, Kadis BPBD Pultab Sutomo mengatakan bahwa untuk tanggap Pembuatan Talud atau tembok penahan ombak di Desa Sahu dibuat kecuali kami sudah terima laporan dari pihak ketiga yaitu Kontraktor.

“Sebelumnya talud sudah pernah dibuat pada tahun 2017 oleh pihak ketiga yaitu Kontraktor yang bernama La Eli, dan ketika pihak ketiga (Kontraktor – red) sudah selesai melaksanakannya, maka BPBD wajib meminta laporan pertanggungjawabannya, dan yang menjadi kendalanya adalah laporan dari pihak ketiga sampai saat ini belum disampaikan ke BPBD,” ungkap Sutomo kepada wartawan IBC di kantor BPBD Pultab, Senin (20/1/2020).

Sutomo menegaskan kegiatan pembuatan talud yang menjadi kendala saat ini bagi pihak BPBD adalah persoalan laporan dari pihak ketiga, karena sebelumnya talud sudah pernah dibuat sebelum ada bencana abrasi saat ini, dan belum dianggap selesai pembuatan talud sebelumnya, karena belum ada laporan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh pihak ketiga.

“Sampai saat ini laporan pertanggungjawaban dari pihak ketiga belum disampaikan ke BPBD, sehingga pekerjaan kemarin belum dikatakan selesai, dan yang menjadi kendala besar saat ini adalah laporan pertanggungjawaban dari pihak ketiga belum selesai lalu bencana baru datang sekarang, kalau laporan pertanggungjawaban yang sebelumnya sudah selesai, maka bencana saat ini juga kami bisa keluar kan tanggap darurat sesuai dengan perintah Bupati, dan itu yang menjadi kendala,” tegasnya.

Dalam hal ini BPBD sangat juga sangat prihatin kepada masyarakat Desa Sahu yang terpaksa mengalami abrasi di wilayah pesisir, Sutomo mengatakan bahwa dirinya sangat prihatin dengan kondisi yang saat ini diterima oleh masyarakat Desa Sahu.

“Tentu kami sangat prihatin dengan kondisi yang ada di Desa Sahu, dan saat ini kami terima laporan, bahwa Pemerintah Desa Sahu dan Aparat Desa Sahu sudah kerja Gotong Royong, kami sangat apresiasi, artinya Pemerintah Desa sudah melakukan sebagian besar kegiatan Pemda,” tutupnya.

Penulis : Havid | Editor : AS