IBC, MERANTI – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau, gelar Rapat Kerja bersama Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Kepulauan Meranti, terkait adanya genangan air dijalan percontohan yang menjadi icon daerah saat ini, Selasa (21/01/2020).

Rapat kerja yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, Muzamil Baharudin yang didampingi oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Meranti Taufiek, serta anggota Komisi II Basiran, Pandumaan Siregar, Fauzi Hasan, H. Hatta dan Muhammad Syafi’i, bersama dinas terkait pembangunan jalan tersebut, yakni Kepala Dinas H. Herman, dan Sekretaris Saipul Bahri, serta beberapa Kabid dan staf.

Menurut Muzamil, air yang menggenangi jalan percontohan dan sekaligus menjadi icon Kepulauan Meranti itu, merupakan hal yang seharusnya bisa diantisipasi sebelumnya oleh dinas terkait,

“Kita banyak menerima laporan dari masyarakat, dan sudah turun langsung ke lapangan. Kita akui bentuk tanah kita adalah tanah gambut sehingga rentan terjadinya penurunan. Tapi itu harus diantisipasi dengan baik oleh rekanan dan dinas terkait sebelum pelaksanaannya,” ujar Muzamil.

Lebih lanjut Muzamil berharap, Rapat Kerja ini dapat menghasilkan alternatif dan solusi penyelesaian, sehingga permasalahan genangan air dan permasalahan lainnya di Jalan Pramuka bisa teratasi dengan baik.

“Ini bentuk tanggung jawab kami sebagai wakil rakyat, mudah-mudahan pihak dinas terkait bisa menghasilkan solusi penyelesaian terbaik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kepulauan Meranti H. Herman menyambut baik Rapat Kerja yang diadakan Komisi II itu.

Menurutnya permasalahan genangan air yang ada di Jalan Pramuka salah satunya diakibatkan adanya struktur jalan yang sedikit menurun sehingga ketika hujan maka jalan akan tergenang, dan pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap permasalahan tersebut.

“Kalau tidak ada halangan Kamis ini (23/01), kita akan mulai melakukan pengaspalan ulang dibeberapa tempat sepanjang jalan Pramuka itu. Hal tersebut agar genangan air nantinya bisa teratasi,” tutur Herman.

Selain itu, Herman juga mengatakan, maksimalisasi tempat pembuangan air juga telah dilakukan sehingga aliran air akan langsung menuju tempat pembuangan di sekitar jalan.

Dalam Rapat Kerja yang merupakan agenda rutin dan berkala dilakukan Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, yang merupakan bagian dari komitmen dan fungsi pengawasan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti itu, dipertanyakan juga progres serta evaluasi pembangunan infrastruktur lainnya yang menjadi permasalahan dan sedang berkembang ditengah masyarakat saat ini.

Penulis : Noeradi|Editor : YES