IBC, TERNATE – Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Maluku Utara (Polda Malut) melalui Direktorat Reserse Narkoba kembali mengungkap 3 Kasus Narkoba dengan 4 orang tersangka dan barang bukti Shabh 19,06 Gram serta Ganja 1,69 gram.

Dir Narkoba Polda Malut Kombes Pol. Setiadi Sulaksono mengatakan berdasarkan NO LP: LP/16/I/2020/MALUT/SPKT tersangka RD Alias I (24) dan AR Alias I yang juga sebagai pegawai kontrak kerja di Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Maluku Utara.

“Tersangka ditangkap di dalam ruangan jasa pengiriman PCP Express tepatnya di belakang Keraton Kesultanan Ternate di Kelurahan Soa Kecamatan Ternate Utara,” ungkap Setiadi beberapa hari yang lalu.

Kombes muda itu juga menyebutkan beberapa barang bukti yang diamankan.

“Barang Bukti 1 buah bekas Dos Hp yang dilakban warna Cokelat, 1 sachet plastik sedang warna bening yang berisi Narkotika jenis Sabu dengan berat 19 gram di dalam bekas pembungkus rokok Malboro merah, dan 2 buah Hp masing-masing 1 merek Xiaomi warna putih beserta simcard milik terlapor RD Alias I dan 1 buah Hp merk Xiaomi Type MI A1 warna hitam beserta simcard milik terlapor AR Alias I,” papar Setiadi.

Dan pasal yang diterapkan polisi kepada kedua tersangka adalah Pasal 112 Ayat (1) dan Pasal 114 Ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Lanjut Setiadi mengatakan tersangka berikutnya berdasarkan NO LP: LP/18/I/2020/MALUT/SPKT dengan tersangka JA Alias I, (27). Ditangkap karena membawa 2 sachet plastik kecil berisi Narkoba jenis ganja.

“Tersangka ditangkap di atas jalan raya tepatnya dekat jembatan Kelurahan Kota Baru Kecamatan Ternate Tengah. Dengan BB 2 (dua) sachet plastik kecil warna bening berisi narkotika jenis Ganja dengan berat 1,69 gram dan 1 (satu) buah Hp merk Iphone 6 warna Gold beserta Simcard,” ungkapnya.

Pasal yang di terapkan adalah Pasal 111 Ayat (1), UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Selanjutnya Setiadi mengatakan dengan NO LP : LP/19/I/2020/MALUT/SPKT dengan tersangka MA Alias A (55).

“TKPnya di dalam kamar kos-kosan yang ditempati terlapor yang bertempat di Kelurahan Makassar Timur Kecamatan Ternate Tengah,” ujarnya.

Ia mengatakan anggotanya juga mengamankan barang bukti yang di bawa tersangka.

“BB 1 sachet kecil Narkotika jenis Sabu dengan berat 0,06 gram, 1 buah alat hisap shabu/bong, 1 buah kaca pireks berisi sisa pakai Shabu dan 1 (satu) buah Hp Nokia Type 105 warna hitam berisi sim card nomor,” sebut Setiadi.

Kemudian pasal yang ditetapkan pada tersangka adalah Pasal 112 Ayat (1) dan atau pasal 127 Ayat (1) huruf a, UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Untuk tersangka keempat Setiadi mengatakan masih di tahanan sebab yang bersangkutan masih perlu didalami lebih jauh terkait keterlibatan tersangka dengan jaringan Narkoba lainya.

Penulis : GM|Editor.  : AS