IBC, TALIABU – Kepala Desa Kabuno menghilang saat di audit Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kecamatan Tabona, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Maluku Utara, dan lebih parahnya lagi Kepala Desa tersebut menyimpan dana desa di rekening pribadinya.

Saat ditemui diruang kerjanya, Kabag Pemerintahan Pultab, Moh Amrul Badal mengakui, bahwa perilaku menyimpan uang desa di rekening pribadi kades berdasarkan informasi dari Bendahara Desa Kabuno.

“Bendahara Desa Kabuno itu benar kalau kades mengambil uang DD/ADD untuk mengisi di nomor rekening pribadinya, karena semua terfokuskan pada bendahara desa, dan dia takut untuk menyampaikan semua itu kepada Tim audit,” ungkap Amrul, di Taliabu, Selasa (04/02/2020).

Baca Juga :

Lanjut Amrul menyampaikan, dari keterangan bendahara desa uang tersebut diambil dari rekening dan mengantarkan ke rumah Kades Kabuno.

“Selama pencairan DD dan ADD, Bendahara Desa Kabuno mengeluarkan uang dari Bank lansung ke rumah Kades Desa Kabuno dan Hud Pauwa (red. Kades) langsung mengambil uang tersebut untuk mengisi di nomor rekening pribadinya,” tambah dia.

Amrul, juga merasa ada yang ganjil dengan sikap kades yang tidak menghargai Tim Audit ketika melakukan proses audit.

“Saat itu kades langsung menghilang entah ke mana, padahal dua hari sebelumnya sudah memberikan pemberitahuan kepada Camat Kecamatan Tabona dan camat sudah memberitahukan kepada semua kades. Namun kenyataannya berbeda Kades Kabuno tiba-tiba menghilang,” jelas Amrul.

Ia juga menambahkan, bahwa pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Kabuno sangat Buruk.

“Untuk Desa Kabuno sangat tidak beraturan, mirisnya ada pembangunan fisik berupa talud yang sampai saat ini belum juga di selesaikan oleh Kepala Desa Kabuno Hud Paua.

Menurut Kementerian Desa Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, bahwa ada 13 ciri-ciri anggaran desa tidak efektif dan tidak transparan. Salah satunya nomor lima dari 13 point, yang tertulis, “Kades Pegang Semua Uang, Bendahara hanya berfungsi di Bank saja,” tulis e-pamplet Kemendes RI.

Laporan : Havid
Penulis : Havid|Editor. : YES