IBC, SUKABUMI – Terus bergerak memberikan kontribusi kepada petani, organisasi relawan pendukung Jokowi yang tergabung dalam Komite Penggerak Nawacita (KPN) kembali memperbaiki saluran irigasi sepanjang 8 meter untuk masyarakat Kampung Kemang, Sukabumi, Jawa Barat.

Dalam keterangannya Misno salah satu pengurus KPN mengatakan, bahwa hal itu dilakukan pihaknya dan masyarakat setempat secara bergotong royong.

“Sesuai dengan komitmen kami, apa yang bisa dilakukan ya dilakukan aja, nggak perlu banyak bicara. Kerja apa yang bisa dilakukan untuk masyarakat, apalagi desa-desa yang butuh perhatian kita,” ujar Misno di Sukabumi, Jumat (28/2/2020).

Pengurus Komite Penggerak Nawacita (KPN) bersama masyarakat Kampung Kemang tinjau lokasi saluran irigasi petani. Jumat (28/2/2020). Foto : Ist.

Lebih lanjut ia menyampaikan, dengan telah memperbaiki saluran air yang tertimpa longsor tersebut, dan menambah pipa PVC ukuran 4inchi sepanjang 8 meter, telah menghasilkan dan meningkatkan debit air.

“Semoga mampu mengairi lahan persawahan, sehingga bisa meningkatkan produksi pertanian karena masyarakat bisa beberapa kali panen tanpa ada kekurangan air untuk lahan sawahnya, yang kemudian dapat dirasakan oleh masyarakat terutama petani di kampung Kemang,” jelas Misno.

Tambah dia, begitu pun demikian, pihaknya juga akan memperbaiki bendungan untuk irigasi tersebut secara bertahap.

Sambungnya, ke depan KPN bersama Alumni Menteng 64 (AM64) dan jaringannya Koperasi Buana Subur Makmur (BSM) akan melatih petani di Kalasan Yogyakarta dengan cara teknik bertani yang terintegrasi secara alamiah.

“Artinya ada beberapa petani yang sudah di tentukan akan dilatih nanti di awal bulan maret di kalasan, yogyakarta,” pungkas Misno.

Penulis : ZK|Editor : SD