IBC, TERNATE – Lakukan pengabdian di masyarakat, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, kembali menurunkan mahasiswanya untuk melaksanakan tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara.

Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata, Hamzah Giling saat ditemui di ruang kerjanya. Jumat (28/02/20), menjelaskan bahwa IAIN Ternate menurukan mahasiswanya untuk terlibat dalam KKN Nusantara di luar Maluku Utara, yaitu di Sulawesi Utara.

Hamzah mengatakan terkait KKN Nusantara ini terlaksana atas kerja sama antara IAIN Ternate dengan IAIN Manado dan berkonfirmasi dengan LP2M menyangkut dengan penempatan mahasiswa KKN dari IAIN Ternate.

“Kemarin saya berkunjung ke LP2M IAIN Manado dan seluruh mahasiswa yang nantinya dikirim ke Sulawesi Utara kemudian akan ditempatkan desa-desa yang ditetapkan,” terangnya.

Lebih lanjut Hamzah menyebutkan bahwa bahwa ada 15 mahasiswa terbaik IAIN Ternate yang di berangkatkan ikut KKN Nusantara.

“Sebanyak 15 peserta yang kami turunkan dan mereka di tempatkan di 4 kecamatan,  di 18 desa,  di daerah perbatasan Manado Dan Gorontalo,” sebutnya.

Lebih lanjut Hamzah mengatakan dalam pembekalan IAIN Ternate juga diberikan keterlibatan dalam acara tersebut.

“Kami juga di berikan kesempatan terlibat dalam kegiatan tersebut membacakan qalam ilahi oleh Sartika mahasiswa Fakultas Tarbiyah, IAIN Ternate, pada acara pembukaan KKN Nusantara Di Manado,” kata Doktor Muda itu.

Selain itu Hamzah mengatakan mahasiswanya juga terlibat aktiv dalam pembekalan tersebut dan ditempatkan di Mahad/asrama IAIN Manado diantaranya 3 putra dan 12 Putri.

Hamzah berpesan dengan program ini bisa membantu dan terasa secara langsung oleh masyarakat desa/kelurahan setempat.

“Kepada mahasiswa KKN agar mempersiapkan diri baik fisik dan secara mental akademik agar ketika sampai di desa bisa memikirkan dan bekerja untuk perubahan dan kemajuan desa tersebut,” pintanya.

Senada dengan itu Sekertaris Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) IAIN Ternate Baharudin Hi. Abdullah mengatakan KKN Nusantara bagian dari kerja sama antara IAIN Ternate dengan IAIN Manado.

“Ada program prioritas yang disiapkan ialah menunjang Agreditasi prodi sampai dengan Institut, melalui program kerja sama,” ungkap Baharudin.

Bahkan Doktor hukum itu juga mengatakan kerja sama dengan IAIN Manado akan terus berlanjut sampai dengan Tahun 2021.

“Setelah kami ketemu dengan rektor IAIN Manado beserta jajarannya,  mereka berencana akan melakukan timpal balik dengan mengirim balik mahasiswanya untuk KKN di IAIN Ternate pada Tahun 2021,” ujar Baharudin.

Lanjut Baharudin mengatakan terkait dengan tema ketahanan sosial dalam lingkungan hidup yang diusung saat pembekalan, ia berharap mahasiswanya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dalam perbedaan, sebab mahasiswa yang di kirim untuk KKN Nusantara Adalah mahasiswa Terbaik di IAIN Ternate.

“Saya berharap selalu jaga integritas,  moralitas, junjung kebersamaan, sesama mahasiswa walaupun berbeda, dan menjaga nama baik institusi serta nama baik pribadi,” harap Doktor Muda itu.

Penulis : Gamal|Editor  : AS