IBC, JAKARTA – Ketua Komite Rakyat Nasional Jokowi (Kornas-Jokowi) Provinsi Banten Yusuf Reza Soleman meminta agar pemerintah Kabupaten Lebak segera turun tangan menghentikan proyek pembangunan perumahan yang ada di Kanaga Warunggunung.

Pasalnya pembangunan Perumahan Kartika Alam Asri dinilai pihaknya telah merusak area persawahan dan mengganggu warga sekitar. Hal itu ditegaskan Yures pada saat mengikuti rapat bersama jaringan relawan Joko Widodo, di Lebak, Rabu (4/3/2020).

“Banyak aduan dari warga yang memang mereka kader Kornas di Lebak terkait tersumbatnya saluran irigasi oleh perusahaan PT. Mega Planindo Utama (MPU). Kalau bisa secepatnya dihentikan dulu, perhatikan lingkungan sekitar jangan seenaknya bangun perumahan tanpa memperhatikan warga lokal,” tegas yang karib disapa Yures ini.

Ia menyebut tidak anti terhadap pembangunan selama itu memberikan dampak positif bagi warga. Tapi saat ini, kata Yures pembangunan yang dilakukan PT MPU lebih banyak merugikan warga sekitar.

Menurutnya, itu jelas bisa menimbulkan perlawanan bagi warga lokal dan beberapa organisasi lain untuk hadir mengawal pembangunan tersebut. 

“Kami nanti bersama relawan Joko Widodo akan ikut membantu masyarakat dalam mengusir pengembang seandainya mereka merugikan warga sekitar. Nanti kita akan pantau perkembangan pembangunan perumahan ini. Seandainya perusahaan masih merugikan warga, terpaksa kita akan ikut terlibat ke lapangan,” tegasnya.  

Sementara itu di tempat yang berbeda, Camat Warunggunung Moch Dedi mendukung penuh agar perusahaan bisa melibatkan warga dalam proses pembangunan. Menurut Dedi perusahaan tidak bisa berjalan sendiri tanpa melibatkan warga.

“Waktu perijinan mereka berjanji akan memberikan dampak positif untuk warga sekitar. Tapi ini malah banyak merugikan warga terutama irigasi dan jalan-jalan juga ikut rusak,” ucap Dedi. 

Penulis : RHM|Editor : YES