IBC, JAKARTA – Sebagai wujud implementasi program Nawa Cita Presiden Jokowi, khususnya membangun Indonesia dari pinggir, relawan Jokowi yang tergabung di Komite Penggerak Nawacita (KPN) bekerjasama dengan Koperasi Buana Subur Makmur mengadakan pelatihan Bokasi bagi petani asal Bogor dan Sukabumi di Yogyakarta, Minggu (8/3/2020).

Menurut Misno salah satu pengurus KPN, mengatakan, bahwa pelatihan tersebut sebagai bentuk dukungan kepada program Presiden Jokowi meningkatkan Sumber Daya Manusia unggul. Salah satunya dibidang pertanian. Demikian disampaikannya melalui sambungan selular, Minggu (8/32020).

“Tentunya kita dari KPN, secara bentuk fisik telah beberapa yang kita realisasikan, seperti membangun jembatan, saluran irigasi dan sebagainya. Nah kali ini yang sesuai juga dengan program pak Jokowi membangun SDM unggul pastinya kita juga harus mendukung beliau,” ujar Misno.

Foto : Ist

Selain itu, Misno juga menyampaikan, bahwa peserta pelatihan kali ini ada lima orang, satu dari Bogor dan empat orang dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Jadi kita membawa mereka ke sini, untuk diberikan materi dan pelatihan praktek pembuatan Bokasi, di Dusun Mugdi Rejeki, Kalasan Yogyakarta,” kata Minso.

Fot : Ist

Misno dan pihaknya juga berharap, program meningkatkan SDM unggul tersebut, menjadi contoh para relawan Jokowi lainnya, agar bersama-sama bahu-membahu untuk bergotong royong membantu program Presiden Jokowi demi Indonesia Maju. Apalagi kata Misno, bonus demografi lima tahun ke depan menjadi ancaman apabila kita tidak dapat memanfaatkan potensi itu.

Penulis : Tri Narendra|Editor : SD