IBC, TERNATE – Tim Penjaringan Partai Demokrat menggelar seleksi kompetensi kepada salah satu kandidat Wali kota Ternate Tahun 2020-2024. Ikbal Hi. Djabid. Seleksi yang berlangsung satu hari ini, mendatangkan dua orang penguji dari akademisi, diantaranya Dr. Herman Usman dan Nurhalis Wahidin.

“Setelah tim penjaringan melakukan verifikasi berkas dari 17 pendaftar, yang dianggap memenuhi syarat mengikuti seleksi hanya 4 kandidat bakal calon, yaitu Hi. Abdullah Taher, Hi. Hasan Bay, lkbal Djabid dan Iswan Hasyim,” sebut Ketua Tim Penjaringan Boy Fathaya Andreas di Boulevard Hotel, Minggu (8/3/2020).

Boy menjelaskan, dalam Pedoman Organisasi (PO) Partai Demokrat mensyaratkan bahwa calon walikota dan wakil walikota perlu mengikuti beberapa mekanisme, salah satunya adalah mendaftar melalui tim penjaringan Partai.

“Tim penjaringan selanjutnya melakukan verifikasi berkas calon.Jika lolos berkas baru mengikuti tes kompetensi,” jelasnya.

Selanjutnya Boy juga bilang ada dua bakal calon wakiI walikota yang mendaftar yaitu Ketua DPC Partai Gerindra Kota Ternate, Made Yani dan Sekretaris DPC Demokrat Kota Ternate, Yeni Sultan Muda, namun berkas keduanya tidak lengkap sehingga dinyatakan gugur.

“Berkas mereka berdua tidak lengkap jadi dinyatakan gugur,” tutupnya.

Sementara itu bakal Calon Wali Kota Ternate Ikbal Hi. Djabid usai mengikuti seleksi yang dilakukan Partai Demokrat mengatakan, sangat optimis dengan konsolidasi partai yang dilakukan.

“Semua kandidat optimis dan saya juga sama seperti mereka. Sudah ada 4 partai yang sudah siap bersama dan potensi ada 7 kursi yang bisa bersama saya,” ujar Ikbal.

Ikbal juga enggang menyebut nama partai yang siap bersamanya, ia menyerahkan kepada mekanisme partai masing-masing. “Saya tidak ingin mengklaim soal rekom partai, karena itu bukan kewenangan saya, biar partai bekerja sesuai mekanismenya,” terangnya.

Lebih lanjut Ikbal memberikan sinyal kepada para bakal calon lain bahwa ia tetap mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Walikota bukan Wakil Walikota pada pilkada nanti.

“Saya tetap mencalonkan diri sebagai kandidat bakal calon walikota, jika ada yang minta saya jadi bakal calon wakil walikota maka saya akan mundur dan tidak ikut kontestasi demokrasi ini. Dan itu harga mati,” tegas pria berkaca mata itu.

Menutup wawancara itu Ikbal mengapresiasi kinerja para kader Demokrat yang sukses menyelenggarakan proses demokrasi di Kota Ternate. “Saya apresiasi kinerja para kader Demokrat,” tutup Ikbal.

Penulis : Gamal|Editor : YES