IBC, TALIABU – Pertarungan politik selalu dicitrakan dengan mesin Partai Politik (Parpol), maka masing-masing petarung, sejatinya memerlukan dukungan partai secara legalitas.

Setiap petarung tentunya memiliki filing agar partai yang diusungnya pun mempunyai potensi besar dalam merebut suara masyarakat dan memenangkan kompetisi politik.

Dalam amatan media, beberapa hari lalu, dinamika politik di Kabupaten Pulau Taliabu semakin meninggi, terlihat ketika munculnya statement (pernyataan) dari Sri Susi Dewi (Bacalon Bupati) dan Ambona Muhammad (Ketua LO Paslon Aliong Mus – Ramli) terkait rekomendasi PDI Perjuangan.

Ternyata Am-R optimis juga merangkul partai berlambang itu, sekalipun notabenenya Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pulau Taliabu adalah Sri Susi Dewi yang berpotensi akan merangkul rekomendasi partai tersebut.

Secara eksklusif, selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pulau Taliabu, Sri Susi Dewi Sopmena mengatakan, bahwa hanya namanya yang dikirim ke pusat untuk dipresentasikan.

“Kalau PDI-Perjuangan ada 4 kandidat sesuai penjaringan, nama-nama yang kami kirim dari DPC PDI-Perjuangan dari Kabupaten Pulau Taliabu ke Provinsi, dan sesuai hasil pleno Provinsi hanya satu nama saja tunggal, saya pribadi ketua DPC PDI-Perjuangan yang dibawa namanya ke pusat, untuk dipresentasikan disana dan di plenokan disana terkait perolehan rekomendasi,” bebernya pasca agenda mendaftar ke Partai Demokrat beberapa hari lalu pada awak media.

Tidak hanya itu, ternyata dibalik layar diam-diam Am-R juga melirik PDI-P, sesuai ungakapan yang disampaikan oleh Ketua LO Paslon Aliong Mus – Ramli, Ambona Muhammad bahwa terkait komunikasi PDI-P yang sementara ini dalam proses berjalan.

“AM-R sedari awal telah menargetkan akan mengantongi semua rekomendasi dari parpol, dan sementara komunikasi ke partai PDI-P dan Gerindra juga sedang berjalan,” ungkapnya di kedai Matahaya, Jum’at (6/3/2020) yang lalu.

Hal ini tidak bisa dinafikan, bahwa proses perpolitikan dalam merebut partai adalah pertarungan yang lumrah, akan tetapi yang menjadi luar biasa adalah ketika yang diusung bukan tuan rumah Partai, melainkan yang diusung dari pihak paslon yang lain.

Penulis : Havid|Editor : AS