IBC, BELALAWAN – Pantang menyerah, sepertinya kalimat itu pantas diberikan kepada para pemain (Mafia) BBM Ilegal di pelabuhan perikanan Gabion Belawan, Medan Sumatera Utara.

Menurut pantauan wartawan di lapangan, terbukti masih adanya truk tangki BBM yang diduga bermuatan BBM solar ilegal yang masih beroperasi di pelabuhan perikanan tersebut, (09/03/2020).

Caranya pun masih sama, pemain BBM itu masih menggunakan tangki bermerek transportir dan tangki tanpa merek, yang diduga tidak dilengkapi dokumen resmi.

Meskipun sudah berulang kali pihak kepolisian me-razia, bahkan sampai ada yang tertangkap, ternyata itupun tidak membuat efek jera.

Harga BBM Solar ilegal yang jauh dibawah harga BBM Solar industri di Pertamina membuat pengusaha hasil laut di Gabion Belawan lebih memilih yang ilegal.

Diduga pendistribusian BBM solar yang menyalahi aturan tersebut luput dari pengawasan, sementara info di lapangan menyebutkan pemain BBM ilegal di Gabion Belawan disebut berinisial HS.

Narasumber di lokasi Gabion Belawan mengatakan, “susah buat memberantas BBM ilegal di Gabion Belawan, karena sudah dianggap hal yang biasa,” kata narasumber, Rabu, (11/03/2020).

Sebelumnya Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol Martuami Sormin Siregar saat dikonfirmasi wartawan di Mapolres Pelabuhan Belawan, beberapa waktu yang lalu, mengatakan, bahwa ia telah memerintahkan jajarannya untuk ditindaklanjuti.

“Kami sudah mendapatkan informasi dan saya sudah meneruskannya ke Polres Pelabuhan Belawan dan Ditpolairdasu untuk ditindaklanjuti,” ujar Kapoldasu.

Editor : SAM|Editor : TS