IBC, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir tengah menyorot bisnis kampus yang dikelola oleh perusahaan pelat merah. Menurut Erick, sektor pendidikan seharusnya diserahkan kepada perguruan tinggi yang memang kapabel, karena BUMN itu harus fokus kepada core businessnya.

“BUMN itu support ke sektor pendidikan misal dari sisi penyaluran dana CSR bukan malah istilahnya bisnis kampus (pendidikan). Masih kami review mana mana saja karena kan untuk bersaing di bisnisnya masing-masing saja belum tentu survive apalagi bermain pada bisnis yang bukan expertise-nya,” ucap Erick

Lebih lanjut Erick menghimbau apabila ingin mencetak human capital yang kompetitif yang bisa dipakai oleh korporat tentu bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi yang ada.

“Seharusnya bisa bekerjasama dengan universitas yang ada. Misal PLN dengan UI atau Pertamina dengan ITB,” ujarnya seperti dilansir mediabumn.com.

Seperti diketahui beberapa perusahaan pelat merah memiliki bisnis yang merambah kepada sektor pendidikan dengan membangun kampus. Sebut saja Telkom yang memang sejak lama sekali telah memiliki perguruan tinggi yang lebih akrab dengan sebutan Telkom University (dulu STT Telkom).

Namun demikian harus juga diakui bisnis kampus ala Telkom ini sudah banyak memberikan dampak yang positif terhadap perusahaan Telkom sendiri.

Berikut Deretan BUMN yang Memiliki Bisnis Kampus:

  1. Telkom

Telkom boleh dibilang memiliki perguruan tinggi yang skalanya cukup besar apabila dibanding dengan sejumlah bisnis kampus yang dimiliki BUMN lain. Dikenal dengan nama Telkom University memiliki jumlah mahasiswa dan jurusan yang sangan banyak.

Telkom University masuk kepada jajaran kampus swasta elit ini dibangun sejak tahun 1990. Perguruan tinggi yang berada di kota Bandung tersebut tercatat memiliki 800 dosen tenaga pengajar dengan jumlah mahasiswa sebanyak 28.789 orang.

  1. Pertamina

Seolah tidak mau kalah bergengsi, sebagai BUMN terbesar Pertamina justru merasa kurang kompetitif apabila tidak memiliki bisnis kampus. Melalui Pertamina University, perseroan pun bertekad menciptakan SDM yang unggul dan kompetitif di sektor migas dan perminyakan.

Pertamina University terletak di bilangan Kebayoran Lama Jakarta Selatan, masih terbilang kampus baru karena baru diresmikan tahun 2016 lalu. Bisnis kampus pertamina ini dioperasikan melalui Pertamina Foundation dengan 6 fakultas dan 15 program studi.

Pertamina University memilki jumlah staf pengajar dan pendukung sebanyak 255 orang. Namun meskipun telah lulus dari Pertamina University tidak lantas bisa langung bekerja di perusahaan yang kini dinahkodai oleh Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama tersebut.

  1. Pos Indonesia

Pos Indonesia juga memiliki perguruan tinggi yang bernama Politeknik Pos Indonesia. Adapun bisnis kampus BUMN orange ini didirikan di Bandung pada tahun 2001 oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI).

Politeknik Pos Indonesia tercatat memiliki 5 program studi yang terbagi menjadi Diploma 3 dan Diploma 4 dengan jurusan masing-masing adalah Logistik Bisnis, Teknik Informatika, Manajemen Bisnis, Akutansi serta Manajemen Infomatika.

Politeknik Pos Indonesia tercatat memiliki jumlah pengajar sebanyak 100 dosen yang bertugas mendidik sebanyak 2.500 mahasiswa.

  1. PLN

Nama besar PT PLN (Persero) seolah tidak mau tertinggal untuk urusan pendidikan. Bisnis kampus yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN ini bernama STT (Sekolah Tinggi Teknik) PLN.

STT PLN menawarkan konsentrasi pendidikan yang berkaitan dengan ilmu terapan teknik bidang kelistrikan dan keilmuan lain yang terkait.

  1. Semen Indonesia Group

Semen Indonesia Group yang merupakan holding BUMN semen sejatinya sudah lama bermain pada bisnis kampus. Adapun perguruan tinggi yang dimiliki Semen Indonesia Group ini bernama UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia).

UISI yang terletak di Gresik Jawa Timur ini memiliki fokus kurikulum yang berkaitan dengan beberapa aspek inovasi dan keselamatan kesehatan kerja antara lain Teknologi Semen, Logistik dan Distribusi, Tata Kelola Perusahaan yang baik, Pengembangan Teknologi Informasi, Ex-Mining Farming Project serta UKM Pengembangan Masyarakat

  1. BRI

BRI menjadi satu-satunya perbankan BUMN yang memiliki bisnis kampus. Perguruan tinggi BRI ini bernama BRI Institut, bertekad mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di sektor finansial khususnya perbankan.

BRI Institute yang terletak di Pasar Minggu Jakarta ini diharapkan mampu memiliki lulusan yang unggul dengan menguasai keahlian di bidang perbankan, keuangan mikro, perbankan digital, kewirausahaan, asuransi dan juga ilmu syariah.

Penulis : AI|Editor : SD