IBC, TALIABU – Tiga bulan gaji pekerja tidak tetap (PTT) belum lagi terbayarkan di beberapa Dinas, di antaranya Dinas Kesehatan dan Sekertaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Pulau Taliabu, hal ini meresahkan para honorer yang kemudian masih banyak untuk mereka penuhi sehari-hari.

Terkait hal itu, DPRD Kabupaten Pulau Taliabu langsung mendatangi ke kantor Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu untuk menanyakan molornya anggaran PTT selama tiga bulan, terhitung Januari hingga Maret 2020.

Atas dasar inilah sehingga, selaku anggota DPRD Komisi I Kabupaten Pulau Taliabu Pardin Isa, meminta pada pihak keuangan segara mempercepat pencairan anggaran honorer yang selama tiga bulan belum dicairkan.

“Dinas sudah buat permintaan ngoni (kalian – red) tono (diam -redi) sampai ondo (molor- red) sampai orang baku tunggu dengan SP2D di Bank ngoni tidak bawa-bawa SP2D di Bank, apakah kami mau bangun daerah dengan cara begitu kah?” ungkapnya beberapa hari yang lalu.

Selanjutnya mengenai hal ini Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pulau Taliabu Muhammad Alnajib Sarihi menyampaikan untuk segera Kepala Bagian (Kaban) Keuangan Kabupaten Pulau menyelesaikan masalah gaji honorer atau PTT yang dianggap molor.

“Persoalan gaji ini kan persoalan kebutuhan juga, jadi kita yang mengabdi juga perlu diperhatikan, maka secepatnya mungkin kaban keuangan untuk melakukan pencarian dan perhatikan para honorer yang belum terima gaji selama 3 bulan ini,” tegasnya kepada para wartawan.

Sukardinan menambahkan terkait gaji PTT di Kabupaten Pulau Taliabu, sudah ada pembahasan mengenai hak interpelasi di internal DPRD.

“Jadi jika minggu ini Gaji PTT belum cair, maka sesuai hasil pembahasan internal DPRD, kita akan interpelasi ke pihak Keuangan,” tutupnya.

Dengan demikian, perihal kebijakan Pemerintah (Keuangan) yang darurat, apakah hak interpelasi DPRD bisa di ajukan ke pihak Pemerintah? Sebab pengajuan interpelasi oleh DPRD diharuskan ketika mandeknya sebuah fungsi dari pemerintah, khususnya keadaan genting saat ini yang menjadi keluhan honorer dan PTT di Kabupaten Pulau Taliabu sebagai bentuk Check In Balance (perimbangan).

Penulus : Havid|Editor : AS