IBC, TALIABU Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sinkronisasi Penanggulangan Bencana se-Provinsi Maluku Utara (Malut) Tahun 2020 yang dilaksanakan di Kabupaten Pulau Taliabu.

Kegiatan tersebut mengangkat tema Membangun Sinergitas Penanggulangan Bencana yang Lebih Refrensif.

Dalam pantauan IBC kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Pultab, Ramli beserta jajarannya, Asisten 1 Bupati Ahmad Silawane, Asisten 2 Bupati La. Hudia, Kepala BPBD Taliabu Sutomo Teapon, BPBD Kota Ternate Ali Yao, Kepala Bidang II Kedauratan dan Logistik Burhanudin Kaunar dan beberapa Pimpinan OPD Kabupaten Pulau Taliabu.

Mengenai hal ini, Kepala Bidang II Kedauratan dan Logistik, Burhanudin Kaunar mengatakan bahwa sebelum terjadi Gempa perhatikan terlebih dahulu sebelum memasuki kantor dan berlindung di tempat yang kuat.

“Apabila terjadi gempang yang perlu diperhatikan yakni tetap tenang dan mengambil jalan untuk menyelamatkan diri keluar dari ruangan, berlindung pada tempat yang tahan kuat dari benturan puing misalnya meja dan tembok,” jelas Burhanudin dalam sambutannya di ruang Aula Kantor Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Sabtu (14/3/2020).

Hindari ruagan yang mudah pecah seperti jendela kaca, mencari tempat berlindung yang aman dan tidak terjadi runtuhan, apabila selesai gempa maka dapat berjalan hati-hati keluar ruangan dan melindungi bagian kepala.

Selain itu, Wakil Bupati Pulau Taliabu Ramli mengatakan bahwa Forum kegiatan ini merupakan silahturahmi dan menyatukan pemahaman dan pelaksanaan Keputusan Pemerintah wajib Penanggulangan Bencana di setiap Daerah.

“Pulau Taliabu mengucapkan pengahargaan yang tulus kepada BNPB RI dan secara khusus BPBD Provinsi Maluku Utara karena menetapkan Ibukota Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu sebagai tuan rumah kegiatan ini skala Provinsi Tahun 2020,” ucap Ramli dalam sambutannya dengan penuh bangga.

Sebagai bahan kajian, di dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, menempatkan Sub urusan Bencana dan Sub Rumpun urusan Pemerintahan yang wajib dan berkaitan dengan pelayanan dasar serta akan berdampak pada pengelola Penanggulangan Bencana karena menjadi urusan wajib sebagai prioritas Pembangunan di setiap Daerah.

Penulis : Havid|Editor : AS