IBC, TALIABU – Pemeriksaan perdana dilakukan oleh Tim Tanggap Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu, yang dipimpin Ketua Harian Satgas Tanggap Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu, Sutomo Teapon dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Taliabu, yang dilaksanakan pada Rabu (18/3/2020) pukul 23:50 Wit berlangsung di Pelabuhan Bobong saat kapal berlabuh.

Sutomo Teapon menjelaskan terkait agenda pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan perdana yang dilakukan oleh Tim SatgasTanggap Covid-19

“Kemudian yang melaksanakan kegiatan malam ini adalah tim koordinasi yang terdiri dari BPBD, Dishub, KPLP, Pol PP dan TNI-Polri,” ucap Sutomo pada Pewarta IBC, saat berlangsungnya proses pemeriksaan, Rabu (18/3/2020/) malam.

Dirinya menambahkan agar mempercepat pemeriksaan tersebut, maka tim medis dibagi menjadi dua bagian, selain pemeriksaan Penumpang KM. Mekar Teratai, seluruh Tim Satgas Covid-19 pun ikut melakukan pemeriksaan.

“Pemeriksaannya, menggunakan alat temometer infrared yang berfungsi untuk mengukur suhu badan setiap penumpang KM. Mekar Teratai yang baru datang dari bau-bau dan banggai,” tambah Sutomo.

Selain itu, Selaku Koordinator Tim Medis Aema La Rakaba pada awak media mengatakan bahwa seluruhnya berjumlah 130 penumpang dan ABK KM. Mekar Teratai yang diperiksa.

“Diantara mereka yang diperiksa tidak ada satupun yang mengindikasikan terjangkit Virus Corona,” tandas Aema.

Aema menyatakan sebelum melakukan pemeriksaan, Koordinator Tim Medis memeriksa yang terindikasi batuk dan flu.

“Jika ada gejala batuk, fllu dan sesak napas di tambah dengan suhu badan yang cukup tinggi maka, orang tersebut akan diperiksa khusus dan langsung diamankan di RSUD Bobong,” tutupnya

Penulis : Havid | Editor : AS