IBC, TALIABU – Beredar statement yang berkembang bahwa DPRD Pulau Taliabu akan pulangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berada dalam PT. Adidaya Tangguh (PT. ADT).

Sehubungan dengan Pencegahan Corona Virus (Covid-19) bagi TKA di areal tambang PT. Adidaya Tangguh yang bercokol di Pulau Taliabu, kini ditanggapi serius oleh Putra Daerah yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Pulau Taliabu Hasanuddin mengatakan akan memulangkan TKA ke negaranya masing-masing.

“Menurut saya, orang-orang asing yang ada ditambang itu semua harus dipulangkan duli untuk sementara, karena saya khawatir orang-orang asing ini (China – red) makan-makan sembarang, sementara Virus itu dari kelelawar, di Taliabu itu banyak kelelawar, takutnya mereka di sana konsumsi makanan (kelelawar – red) itu, jadi untuk sementara waktu mereka kami pulangkan dulu, nanti selesai isu global baru mereka datang lagi,” tandasnya pada pewarta IBC, Jum’at (20/3/2020).

Selain itu, Hasanudin menambahkan bahwasanya kehadiran PT. Adidaya Tangguh pun tidak memberikan kontribusi pada daerah, dengan adanya aturan mereka (tambang – red) yang merugikan kita (putra daerah – red).

“Aturan mereka itu (Pihak PT.ADT – red) kalau saya melihat sangat merugikan kita (putra daerah – red), karena putra kita melakukan koreksi ataupun protes, mereka (putra daerah – red) biasa di mutasi dan terkadang tenaga lokal langsung mengundurkan diri,” ucapnya kesal.

Penulis : Havid | Editor : AS