IBC, JAKARTA – Ada ide yang good and smart baik dan cerdas yaitu penggunaan anggaran reses DPR digunakan untuk membantu korban Covid-19. Lantaran merupakan bagian kemanusiaan. Dana reses ini sudah tepat di alokasikan untuk bantuan bagi penderita virus corona.

“Setidaknya ini meringankan beban masyarakat. Atau pun ada opsi lain khususnya membantu soal logistik. Saat ini memang ekonomi makro dan mikro lagi tersendat akibat status darurat nasional. Apalagi jika ke arah lockdown,” ujar Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3) Jerry Massie melalui keterangan tertulisnya, Rabu (25/3/2020).

Lebih lanjut, Warga yang income atau pendapatannya rendah sangat membutuhkan uluran tangan. Selain itu dana reses bisa dibelikan masker bagi warga.

“Ini juga sangat membantu warga. Ada 575 Anggota DPR, jadi setiap anggota turun saja ke dapil masing-masing, kecuali ada daerah yang belum terpapar virus corona bisa turun ke daerah yang tingkat penyebarannya tinggi seperti DKI Jakarta, Jabar, Jatim dan Banten,” tegasnya.

Dengan hal ini, sambung Jerry, maka integritas DPR dan kredibilitas lembaga ini bisa naik. Setidaknya momen seperti ini perlu dilakukan oleh wakil rakyat.

“Jangan hanya mau suara rakyat saat pileg. Giliran ada bencana no action. Tapi dengan dana reses dipakai untuk bencana pandemi maka sangat mulia,” tutupnya.

Penulis : AI|Editor : MAS