IBC, JAKARTA – Untuk mencegah lebih meluasnya penyebaran virus korona (Covid-19), Komite Penggerak Nawacita (KPN) yang merupakan gabungan dari beberapa organisasi relawan Jokowi ini melakukan aksi nyata membagi-bagikan pembersih tangan (Hand Sanitizer), Masker dan Wastafel Portable (Tempat Mencuci Tangan) kesejumlah wilayah di Jakarta dan Bogor.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara KPN Dedi Mawardy kepada media melalui siaran persnya, Jumat (27/3/2020).

Keterangan Foto : Warga Lenteng Agung saat ingin merakit Wastafel Portable.

“Tujuan kami yang pertama, bergotongroyong bersama pemerintah mencegah dan perang dalam menghadapi virus korona. Upaya ini tak lain sebagai bentuk upaya kami, yang setidaknya dapat sedikit meringankan beban pemerintah,” ujar Dedi yang juga Sekjen Seknas-Jokowi ini.

Kedua, selain upaya mencegah lebih meluasnya penyebaran virus korona, Dedi juga menyampaikan, bahwa pihaknya juga berharap dapat mengedukasi masyarakat dan para dermawan untuk bersama-sama bergotongroyong dengan pemerintah baik daerah dan pusat, untuk perang menghadapi Covid-19 tersebut.

Keterangan Foto : Ibu-ibu memberikan edukasi kepada anak-anak enam (6) langkah mencuci tangan, sesaat setelah wastafel portable dirakit.

Kedua, harapan kami ini dapat mengedukasi kita bersama, pentingnya bergotongroyong dalam menghadapi bencana non alam ini,” terang Dedi.

Hal yang sama disampaikan Wignyo Prasetyo yang juga merupakan bagian dari KPN mengatakan, bahwa hal yang dilakukan pihaknya agar dapat mengedukasi pemerintah daerah. Khususnya di DKI Jakarta yang rentan dengan tertularnya wabah virus korona.

“Untuk itu perang menghadapi musuh yang nggak kelihatan ini (virus korona), dari atas sampai bawah mesti dipikirkan bersama. Nah salah satunya kami inisiasi membuat wastafel portabel itu untuk dibagi-bagikan kebeberapa wilayah di Jakarta, seperti Lenteng Agung, Condet, Guci Baru, Penjaringan dan Kebun Jeruk serta ke Pemkot Bogor,” ungkap Wignyo yang juga Ketua Umum MAPPAN ini.

Sementara itu, melalui pesan singkat Whatsappnya warga Lenteng Agung, Suryadi mengaku bantuan wastafel portabel dari KPN sangat bermanfaat bagi warga setempat. “Kami sangat berterima kasih atas perhatian Komite Penggerak Nawacita yang telah memberikan bantuan wastafel portablenya,” tutur Suryadi.

Suryadi juga berhadap, jika saja wastafel portabel itu ada dibeberapa tempat di wilayahnya pasti akan menjadi lebih baik lagi, “Kalau saja ini ada di beberapa tempat di wilayah kami pastinya akan lebih baik,” bebernya.

Selain itu dia juga menyampaikan, beberapa ketua rukun tetangga (RT) di tempatnya berdomisili juga mengharapakan mendapatkan perhatian sama.

Penulis : AI|Editor : SD
Foto Utama : Perwakilan KPN Menyerahkan Wastafel Portabel kepada Pemerintah Kota Bogor