Jakarta – Komite Penggerak Nawacita (KPN), gabungan beberapa organ relawan Jokowi, meluncurkan program Kampung Siaga Covid-19. Program ini bertujuan mencegah penyebaran virus corona Covid-19 di masyarakat.

Pitono Adhi, yang ditunjuk sebagai Koordinator Satgas Program KPN Tanggap Covid-19, mengatakan KPN sejak awal sudah ikut ambil bagian dalam perang melawan Covid-19 ini. Dia menjabarkan awalnya tim khusus yg diterdiri beberapa orang diminta mempelajari pandemi ini dan menyusun program sederhana untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 ini. 

Ia mengatakan batasan yg diberikan adalah aksi lapangan langsung dan rekomendasi kebijakan ke pihak-pihak terkait. Tim ini kemudian mengeluarkan 5 tindakan langsung dieksekusi yaitu pembuatan dan distribusi hand sanitizer, pembuatan portable wastafel, pembuatan disinfectant chamber di ruang publik dan di kampung-kampung, disinfeksi area publik dan tempat ibadah, dan bantuan masker serta coverall kepada kalangan medis dan orang-orang yang beresiko tertular.

Pitono menambahkan melihat perkembangan pandemi ini dan beberapa pelajaran kebijakan di negara lain, KPN merekomendasikan membangun pertahanan sampai tingkat RT/RW yang kemudian disebut sebagai Program RW Siaga Covid-19 oleh KPN.

“Selanjutnya, KPN juga akan meluncurkan Program KPN Kampung Siaga Covid-19,” ujar Pitono.

Menurutnya, tahap awal Program KPN Kampung Siaga Covid-19 akan dilaksanakan di beberapa RW di Jakarta dan Kota Bogor. “Program ini akan mengajak masyarakat di tingkat RW untuk gotong royong, saling bantu, mencoba untuk mandiri, namun juga segera dapat mengakses bantuan yang ada, cepat tanggap dalam kondisi kedaruratan,” katanya.

Di tingkat RW, kata Pitono, juga mencoba mengusahakan tempat karantina mandiri, apabila dibutuhkan ada warga yang berstatus ODP maupun PDP. “Bahkan juga apabila memungkinkan ruang perawatan bagi penderita positif Covid-19 sambil menunggu tersedianya ruang di rumah sakit rujukan, tentunya dengan bekerjasama dengan Puskesmas terdekat,” ujarnya.

Selanjutnya>>>