IBC, TALIABU – Ikatan Generasi Muda Kawalo Woyo (IGMKW) meminta dengan tegas, statement Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Taliabu, terkait pemulangan Tenaga Kerja Asing (TKA) di PT. Adidaya Tangguh beberapa pekan lalu, agar segera dilaksanakan.

Ketua Umum IGMKW, Amin Rais Umagap mengatakan setelah saya mempelajari ulang, rupanya inisiatif DPRD untuk memulangkan TKA yang ada di PT. Adidaya Tangguh ini sekedar wacana.

“Maksud saya begini, awalnya wakil rakyat kita ini mengatakan bahwa untuk mencegah atau mengantisipasi Covid-19 dengan cara memulangkan TKA yang ada dilingkar tambang tersebut,” kata dia kepada IBC Biro Taliabu melalui pesan singkatnya, Sabtu (4/4/20).

Amin menjelaskan bahkan mereka (DPRD – red) juga mengatakan, bahwa hadirnya PT. Adidaya Tangguh di Pulau Taliabu sama sekali tidak memberikan konstribusi untuk daerah.

“Dari alasan ini, jelas bahwa TKA yang ada di lingkar Tambang (PT Adidaya Tangguh – red), tersebut sudah seharusnya dipulangkan ke negara asalnya,” tegasnya.

Menurut Amin alasan penundaan memulangkan TKA tersebut juga baginya tidak masuk akal. “Seharusnya dengan diliburkan berbagai instansi tersebut ini merupakan langkah mudah bagi DPRD untuk memulangkan TKA yang ada, karena ketika libur begitu, maka para TKA lebih leluasa beraktivitas diluar Tambang,” papar Amin.

Terakhir Amin menegaskan pihaknya meminta ketegasan DPRD terkait pemulangan TKA. “Jadi kami meminta ketegasan DPRD untuk pulangkan TKA,” tandasnya.

Penulis : Havid|Editor : YES