IBC, TALIABU – Tim Gugus Tugas Covid-19, gelar patroli di wilayah ibukota Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara.

Amatan media IBC dilapangan, kegiatan patroli yang dilaksanakan oleh Tim gabungan TNI, Polri, Senkum, BPBD, Satpol-PP, dan Dishub Kabupaten Pulau Taliabu beserta masing-masing anggota piket, pelaksanaan patroli penagangan Covid-19 difokuskan pada kerumunan masyarakat, seperti di tempat warkop, Kafe dan rumah-rumah makan yang terdapat perkumpulan.

Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Taliabu Barat, Said Aslam menyampaikan dari pertama kegiatan berjalan hingga sekarang masyarakat telah mematuhi imbauan, sehingga angka kerumunan telah menurun.

“Sejauh ini, pada saat awal patroli untuk proses penanganan ini masih terdapat, tali sekarang sudah berkurang tidak seperti awal kita pertama patroli dan memberikan imbauan,” ungap Kapolsek Talbar pada IBC Biro Taliabu dilokasi, Sabtu (18/4/2020).

Ismail menyampaikan sampai saat ini masih ditemukan ada masyarakat-masyarakat yang berkumpul,

“Tapi kita dari aparat Tim Gugus Tugas ini, tetap tidak henti-hentinya kita memberikan imbauan, sehingga tidak terjadi dampak di Kabupaten Pulau Taliabu,” terangnya

Ketua Sentral Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Pulau Taliabu, Bima Sumpono, saat ditanya terkait agenda patroli Covid-19, menyampaikan kami sudah tergabung dari awal bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Pulau Taliabu untuk sama-sama memerangi penyebaran virus Covid-19.

“Jadi selama ada kegiatan, kami konfirmasi sama Kapolsek, kita ada Sprin dari Pusat, dalam penagangan Covid-19 kami perwakilan tiap malam 2 orang dalam patroli gabungan,” jelas Bima.

Selama hampir satu jam kegiatan Patroli gabungan yang dilaksanakan Sabtu (18/4/2020) malam, terdapat beberapa oknum pemuda bermain biliyar yang melanggar imbauan, saat digerebek, beberapa oknum pemuda tersebut berhasil melarikan diri, dan petugas mendapatkan Minuman Keras (Miras) berukuran setengah botol AQua sedang, yang disaksikan langsung oleh seluruh petugas patroli gabungan Covid-19.

“Kami dapatkan setengah botol AQua beirisi Miras, sekitar 6 mil,” tutur Babinsa Desa Kilong Serda Adi Krisbiantoro.

Secara terpisah, Komandan Peleton (Danton) Dalmas Satpol-PP Pultab Burhan Raden menyatakan dari kegiatan Patroli Gabungan Covid-19 berjalan angka Kerumunan sudah menurun.

“Tinggal sebagian kecil saja, tapi sebagian besar masyarakat sudah mulai mengerti dengan apa yang kami sampaikan, terkait imbauan-imbauan pembesar RI,” tutur Burhan.

Namun disisi lain, lanjut Burhan, sangat menyesalkan sejumlah oknum pemuda yang masih larut berkerumunan (bermain Biliyar – red) sambil kedapatan ada miras walaupun berukuran sedikit.

“Kalau itu juga, kami tidak bisa ambil tindakan, tapi yang penting kami hanya sebatas mengamankan saja, tapi tadi kalau mereka ada dan tidak melarikan diri, kami akan bawa ke pihak yang berwajib kepolisian,” tutupnya.

Penulis : Havid|Editor : AS