IBC, Tuban – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Tuban melaksanakan program gerakan sejuta masker di depan Kantor DPRD Tuban, Jalan Letda Sucipto dan Basuki Rahmat, Selasa (21/4).

Kepala Dispendik Tuban, Nur Khamid, yang langsung memimpin kegiatan tersebut mengatakan.bahwa program sejuta masker merupakan bentuk partisipasi pihaknya dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Ia menambahkan, hal ini sesuai dengan instruksi Bupati Tuban Nomor 1 Tahun 2020 tentang kewajiban penggunaan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat terkait pentingnya penggunaan masker untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Sekaligus wujud kepedulian dunia pendidikan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Nur Khamid menuturkan, masker yang dibagikan kepada masyarakat dan pengguna jalan tersebut merupakan sumbangan sukarela dari para ASN, Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Dispendik Tuban.

Pembagian masker itu diawali di pusat kota dan akan dilanjutkan ke seluruh kecamatan di Kabupaten Tuban secara serentak. Selanjutnya, program itu dilaksanakan sesuai dengan hasil koordinasi pihak kecamatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan.

Ia berharap, pembagian masker dari para pendidik di Tuban ini dapat membantu masyarakat yang masih kesulitan dalam mendapatkan masker.

“Harapannya dapat ikut membantu percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Tuban,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang berbeda, Bupati Tuban Fathul Huda, yang merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban telah mengeluarkan Instruksi Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kewajiban Penggunaan Masker dalam Pecegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Melalui instruksi itu, Bupati memerintahkan agar seluruh pimpinan ASN Pemerintah Kabupaten Tuban dan masyarakat untuk menggunakan masker dalam beraktivitas di luar rumah.

Penulis: RH|Editor: HK