IBC, PALEMBANG – Belum tuntasnya penyelesaian Pandemi Covid- 19 yang melanda seluruh dunia dan khususnya Indonesia, ternyata memiliki hikmah tersendiri, salah satunya adalah rasa kemanusiaan yang meningkat.

Bantuan sembako maupun jenis lainnya sudah banyak dibagikan, baik dari instansi pemerintah maupun secara personal. Seperti hari ini, Kamis (23/4/2020) pembagian sembako berupa Beras, Gula dan Minyak Goreng dibagikan langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang Zainal Abidin bertempat dihalaman Kantor DPRD Kota Palembang.

Kegiatan bantuan ini diberikan khusus masyarakat yang tidak mampu atau misbar yang terkena dampak Covid- 19, dengan kriteria yang ditentukan oleh Kementerian Sosial RI.

Zainal mengatakan bantuan sembako ini banyak terdapat kesalahan teknis, seperti barang yang diterima tidak sesuai dengan yang disepakati sebelumnya.

“Pembagian sembako ini diberikan untuk masyarakat tidak mampu dan terkena dampak Covid- 19 yang sesuai dengan kriteria Kemensos, tetapi ada kesalahan teknis yaitu paket sembako yang telah disepakati tidak sesuai, yang tadinya kita minta beras 10kg minyak 2kg ternyata ada 1kg, kemudian gula 2kg dan gandum 1kg. Tetapi tadi minyaknya hanya 1kg jadi dari bulog kita minta ulangi lagi untuk pengepack-an,” ujar Zainal.

Akan tetapi disampaikan pula oleh Zainal kepada Camat Kertapati Rabu (22/04) lalu, atas keterbatasan finansial pihaknya meminta untuk dilakukan pendataan ulang, bagi masyarakat yang benar-benar terkena dampak Covid- 19 namun tidak mendapat bantuan dari pemerintah pusat, namun jika masih tidak dapat maka akan diusulkan kembali.

“Saya yakin sekali, sebagai wakil rakyat, wakil masyarakat Kota Palembang. perihal bantuan ini pasti ada masyarakat yang terkena dampak yang berhak menerima tapi tidak menerima, ini sudah saya sampaikan kepada Pak Wali dan jawabannya In Syaa Allah akan diusulkan kembali karena dana Covid- 19 ini memang untuk rakyat,” tandasnya.

Tetapi Zainal menuturkan pihaknya sudah menarik kesimpulan, jika usulan dari wakil rakyat tidak terealisasi maka khusus daerah yang mungkin berdekatan dengan pihaknya akan diakomodir walaupun isi paketnya tidak sama persis seperti dari pemerintah.

“Hari ini juga kami bagikan sembako untuk kawan- kawan media, karena dirasa sama- sama terkena dampak Covid- 19. Kurang lebih ada 50 awak media dengan paket sembako beras 10kg, minyak, gula dan amplop untuk membeli keperluan yang dibutuhkan, mohon maaf bila ada kekurangan karena bantuan ini murni dari kami personal, hasil mengumpulkan uang gaji,” ungkapnya.

Permintaan maaf pula dihaturkannya kepada masyarakat, dan meminta kesabaran rakyat, karena saat ini pihak bulog juga sudah berusaha menyelesaikan semua paket sembako walau sedikit keteteran karena dikejar kebutuhan masyarakat.

M. Ali Ruben selaku Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Sumsel mewakili awak media yang hadir tak luput menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

“Kami sebagai awak media yang selama ini memberikan informasi kepada masyarakat, juga sama halnya terkena dampak Covid-19, mengucap rasa syukur dan terima kasih kepada Ketua DPRD Kota Palembang dan Pak Sekwan atas bantuan ini, atas perhatian kepada kawan- kawan media. Sekali lagi terima kasih banyak,” tutup Ali.

Penulis : Ridho|Editor : YES