IBC, TALIABU – Menuai keresahan, seorang warga Desa Sahu, Kecamatan Taliabu Utara, Rahmat menyesali sikap pendataan terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dari pihak Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Desa Sahu.

Informasi yang dihimpun IBC, usai  didata sebagai penerima BLT-DD dari Tim Gugus Tugas Covid-19 dan Aparat Desa Sahu, nama Rahmat perlu dipertimbangkan kembali, karena menurut salah satu aparat Desa Sahu, nama tersebut pernah didata sebagai penerima bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang disalurkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Pulau Taliabu,

“Setelah beberapa hari didata, saya diberitahu sama Aparat Desa bahwa nama saya masih dipertimbangkan sebagai penerima BLT karena terdaftar dalam penerima bantuan sosial berupa Kube,” ujar Rahmat pada IBC Biro Taliabu, Minggu (3/5/2020).

Menurutnya, selama Covid-19 dan adanya bantuan dari pihak pemerintah, dirinya sama sekali tidak pernah didata maupun menerima bantuan dari pihak Dinas Sosial, apalagi terdaftar dalam Bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube), bahkan dirinya mengakui tidak pernah tahu apa itu Kube.

“Saya baru tahu nama saya terdaftar dibantuan itu (Kube – red), karena saya belum pernah dapat, bentuknya saja saya tidak tau kaya gimana gitu,” ungkap Rahmat.

Merasa kesal dengan sikap yang dianggapnya sembrono, saat ditemuinya ke pihak aparat pendamping yang mendata, namanya benar-benar tercatat sebagai penerima bantuan Kube.

“Saya sudah ketemu pendampingnya yang sebelumnya, karena saya dengar sudah diganti, tapi dia masih pegang data itu, ternyata ada nama saya dikelompok MARI MEMBANGUN, yang diketuai Adnan pada Tahun Anggaran 2019 kemarin,” tutur Rahmat.

Selain nama Rahmat dipertimbangkan sebagai penerima BLT-DD, La Mesran Us, secara terpisah menyampaikan bahwa, bukannya saja nama Rahmat yang dipertimbangkan, namun ada 3 nama lagu yang pertimbangkan.

Sesuai hasil identifikasi, bahwa nama-nama yang terdata sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial (Bansos) lainnya dari Dinas Sosial Kabupaten Pulau Taliabu, tidak diperbolehkan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang akan disalurkan, juga sesuai dengan aturan yang ditetapkan sebagai mekanisme penerima BLT-DD tersebut.

“Setelah kita kroscek, ada beberapa nama yang masuk didaftar Penerima bantuan sosial berupa Kelompok Usaha Bersama atau Kube, sehingga kita pertimbangkan kembali, karena sekalipun kita masukkan, masih ada tahapan verifikasi lagi di DPMD, tapi kita akan upayakan beberapa nama yang terdaftar apalagi menurut pendamping Kube tidak semua nama terinput kepusat,” kata La Mesran.

Penulis : Havid|Editor : YES