IBC, Tuban – Angka kriminalitas di Kabupaten Tuban Jawa Timur mengalami penurunan selama masa pandemi Covid-19 atau dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini.

Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Yoan Septi Hendri, mengatakan bahwa turunnya angka kriminalitas tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya penyebabnya adalah himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk tetap tinggal di rumah.

“Mungkin maling yang spesialis pencurian rumah-rumah kosong, rumahnya kan ada penghuninya sejak pandemi, karena instruksi pemerintah stay at home,” ujarnya saat konferensi pers di Mapolres Tuban Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo , Jumat (15/5).

Hanya saja, lanjut Yoan, situasi tersebut memunculkan modus kejahatan baru, yakni pencurian yang menyasar masjid-masjid dengan objek kotak amal.

Ia menerangkan, pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait kasus pencurian di masjid-masjid dengan 5 Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah Kecamatan Semanding.

“Masjid kan kosong, jadi larinya mencuri kotak amal,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Yoan mengimbau kepada masyarakat agar tetap di rumah sesuai dengan anjuran pemerintah.

Ia juga berharap warga dapat menjaga keamanan lingkungan masing-masing. Dengan begitu, angka kejahatan akan terus mengalami penurunan. “Yang pasti, angka kejahatan menurun,” tandasnya.

Penulis: MAA|Editor: HK