IBC, TALIABU – Wakil Bupati Pulau Taliabu (Pultab), Ramli menghadiri Pelaksanaan Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) atas pelaksanaan tugas Kepala Daerah Pultab Tahun Anggaran 2019 yang berlangsung di ruang Aula Kantor DPRD Pultab, Ibu kota Bobong, Kecamatan Taliabu Barat (Talbar), Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut), Jumat (5/5/2020).

Dalam pengamatan awak media, yang menghadiri agenda rapat paripurna yakni, pimpinan dan anggota DPRD Pulau Taliabu, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, dan Dinas Kesehatan.

Pelaksanaan Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pulau Taliabu Meilan Mus, sekaligus menyerahkan LKPJ yang langsung diterima oleh Wakil Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Ramli.

Pemberian sambutan Bupati Taliabu yang diwakili oleh Wakil Bupati pada kesempatan yang tersebut, bahwa patut kita syukuri bersama dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung, terutama kepada segenap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Taliabu.

“Terimakasih kami ucapkan atas catatan dan rekomendasi yang berupa catatan-catatan strategis yang berisikan saran, masukan dan atau koreksi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan selama Tahun Anggaran 2019,” kata Wabup.

Ramli mengungkapkan LKPj Kepala Daerah yang telah memperoleh persetujuan DPRD pada hari ini pada hakikatnya merupakan Laporan Pelaksanaan Tugas atas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah selama kurun waktu satu tahun anggaran sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

“LKPJ Kepala Daerah tidak semata-mata dimaksudkan untuk menemukan kelemahan dan kekurangan atas Penyelenggaraan Pemerintah saja, tetapi lebih ditekankan pada upaya memperoleh Saran, Masukan dan Rekomendasi dari DPRD sebagai Mitra Kerja Kepala Daerah,” ungkap orang nomor 2 di Taliabu itu.

Selanjutnya ia menuturkan atas nama Pemerintah Daerah, “saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada segenap Pimpinan dan seluruh Anggota Dewan yang terhormat,” sambung Ramli.

“Walaupun dalam suasana Covid-19 telah bekerja keras meneliti, mengkaji, dan membahas secara saksama sehingga diperoleh saran, dan masukan guna menyempurnakan Laporan Keterangan Pertanggung-jawaban (LKPJ) Bupati Pulau Taliabu Tahun Anggaran 2019,” tuturnya.

Dirinya juga menambahkan, rekomendasi yang telah ditetapkan dalam Keputusan DPRD Kabupaten Pulau Taliabu agar menjadi perhatian seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ditindaklanjuti secara serius.

“Terutama dalam mencermati berbagai catatan-catatan strategis yang berisikan saran, masukan dan atau koreksi sehingga dapat diakomodir dan disikapi demi perbaikan kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah kedepn,” tandas Ramli.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Taliabu, Ali Umanahu menyatakan, rekomendasi DPRD terhadap LKPj Tahun Anggaran 2019 memuat hasil pembahasan DPRD terhadap LKPJ Tahun 2019.

“Memuat saran dan pertimbangan DPRD yg disampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu, dengan harapan untuk perbaikan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan kedepan,” tutup Ali

Penulis : Havid | Editor : YES