IBC, LEBAK – Rencana pemindahan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank Banten ke Bank Jabar Banten (BJB) oleh Gubernur Banten Wahidin Halim, mendapatkan tanggapan serius dari berbagai elemen dan tokoh masyarakat Banten. Salah satunya Buya Sudjana Karis yang merupakan putra dari Legendaris Jaro Karis Jawara Banten.

Menurut Buya, bahwa apa yang akan dilakukan Gubernur Banten perbuatan yang naif, pasalnya kata Buya, itu sama saja mematikan Bank Banten. “Karena kami bangga masyarakat Banten (urang Banten) bangga memiliki Bank Banten sebagai Bank Daerah sesuai sejarah terdahulu,” ujar Buya, melalui siaran persnya yang diterima redaksi, Senin (8/6/2020).

Selain itu tambah Buya, bahwa adanya pemindahan RKUD tersebut sangat merugikan masyarakat Banten, dan Bank Banten. “Karena bagaimanapun kondisi Bank Banten selama ini, baik keuangan dan manajemennya apabila ada kekurangan atau kelemahan seharusnya diperbaiki dan mendapat perhatian yang serius,” tegas Buya.

Begitupun demikian, Pemerintah Provinsi Banten seharusnya fokus membenahi, bukannya mematikan RKUD dengan cara memindahkannya ke Bank Jabar Banten.

Apalagi sambung Buya, hal itu menimbulkan pertanyaan dan permasalahan yang sangat serius. Karena nasabah harus menarik uang dari Bank Banten dan kantor-kantor kas dan cabang, serta kantor lainnya milik Bank Banten. “Mau dikemanakan” lanjut Buya.

Selain itu ia juga menegaskan kepada Gubernur Banten, harusnya Gubernur fokus menangani pengangguran dan percepatan penanganan Pandemi Covid-19 di wilayah Provinsi Banten.

“Adanya bank banten akan membuka lapangan kerja dan permodalan bagi warga banten. Memudahkan transaksi. Disaat bagaimana percepatan penanganan pandemi covid-19 di wilayah banten, gubernur malah memindahkan RKUD,” imbuh Ketua Umum DPP Badak Banten ini.

Oleh karena itu Buya Sudjana Karis mengajak seluruh elemen masyarakat Banten untuk menyelamatkan Bank Banten.

“Kami mendukung langkah-langkah anggota DPRD Provinsi Banten untuk menggunakan hak interpelasi DPRD kepada Gubernur. Dan kami bersama para tokoh Lebak Aliansi Banten Menggugat (AMB) akan menggugat Gubernur Banten terkait pemindahan RKUD dari Bank Banten ke BJB,” pungkasnya.

Penulis : ED|Editor : RHM