IBC, TALIABU – Dikabarkan terjadinya hujan lebat semalam, Ibu Kota Bobong Kabupaten Pulau Taliabu terendam air yang terlihat disejumlah pemukiman warga, perkantoran dan dibeberapa titik jalan raya.

Lokasi perumahan warga. Foto : IBC/Havid.

Dalam pantaun media pagi ini, Rabu (10/6/2020), sejumlah pemukiman warga yang terendam air salah satu diantaranya rumah dari seorang warga, yang biasa disapa Bapak Igo. Ia menuturkan bahwa terjadinya genangan air disebabkan kelebihan air dalam irigasi sehingga terjadi peluapan air.

Rumah Warga Terendam Air, di jalan Mangga 1 Desa Bobong. Foto : IBC/Havid.

“Air tergenang karena dia punya got (drainase) sudah full lalu sebagian air masuk ke rumah,” ungkap Igo di jalan Fangahu, Rabu (10/6/2020).

Senada dengan hal itu, salah seorang Ibu yang enggan disebutkan namanya menambahkan, bahwa memang terjadinya genangan air karena full dan meluap disebabkan hujan yang besar semalam.

Lokasi Perumahan di Jalan Mangga 1. Foto : IBC/Havid.

“Iya betul, kalau air yang sampai di
pemukiman warga ini air dari ratahaya, dulu itu air langsung mengalir ke pantai, tapi sekarang kenapa dia tergenang disini karena mereka buat irigasi berbentuk ‘S’ sehingga berbelok ke pemukiman warga,” kata ibu yang tidak mau sebut namanya

Dilokasi Gedung Baru, DPRD Pulau Taliabu. Foto : IBC/Havid.

Selain dibeberapa pemukiman warga terendam air, juga dilokasi kantor seperti yang terpantau media ini di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Taliabu dan di depan kantor Trasnmigrasi.

Depan Kantor Trasnmigrasi Taliabu. Foto : IBC/Havid.

Penulis : Havid | Editor : YES