IBC, JAKARTA – Sebagai salah satu metode kontrasepsi untuk menunda kehamilan, pil KB banyak dipilih karena kepraktisannya.

Pil KB yang berisi hormon ini juga memiliki angka efektifitas yang cukup tinggi untuk mencegah kehamilan. Bila dikonsumsi dengan benar, pil KB memiliki efektifitas sekitar 99%, dan bila dikonsumsi dengan tidak disiplin pun pil KB masih memiliki angka efektifitas sampai 90%. Selain harganya yang relatif murah, pil KB juga sangat mudah diperoleh dan tentu saja memiliki efek samping yang sangat kecil.

Pil KB bekerja dengan menghentikan pelepasan sel telur saat masa subur atau saat masa ovulasi. Ada beberapa jenis pil KB tapi secara umum pil ini mengandung hormon estrogen dan progestin.

Namun dibalik manfaat utamanya yang diketahui semua orang, pil KB juga memiliki fungsi lain. Yakni menyeimbangkan hormon di tubuh wanita sehingga haid lebih lancar.

Seiring perkembangan jaman, dan teknologi kesehatan yang semakin canggih. Kini pil KB tidak hanya hadir sebagai alat kontrasepsi, tapi juga mulai digunakan sebagai perawatan pasien yang mengalami gangguan hormon. Bahkan, beberapa penyakit yang dialami perempuan yang dikarenakan hormon, juga bisa diobati oleh pil KB.

Tapi tahukah anda, selain untuk mencegah kehamilan, pil KB juga memiliki manfaat lain bagi wanita yang mengonsumsinya.

Manfaat pil KB yang wajib para ibu-ibu ketahui

Selanjutnya >>>

1. Mengobati endometriosis

Endometriosis adalah kelainan pada jaringan endometrium yang melapisi bagian dalam rahim. Kondisi ini terjadi ketika jaringan yang harusnya tumbuh di dalam rahim malah tumbuh di bagian luar dinding rahim. Kondisi ini bisa mengakibatkan nyeri hebat saat haid, sakit saat berhubungan seks, bahkan kemandulan.

Kandungan dalam pil KB bisa memperlambat atau menghentikan pertumbuhan jaringan rahim ke bagian luar rahim, sehingga bisa menjadi salah satu pengobatan endometriosis. Ini jugalah yang membuat nyeri haid berkurang pada penderita endometriosis.

2. Mengobati PCOS

PCOS atau  sindrom ovarium polikistik adalah penyakit yang sering menyerang wanita. Penderita PCOS biasanya mengalami ketidakseimbangan hormon, hingga mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Seperti haid tidak teratur, obesitas, kista, bahkan kemandulan.

Konsumsi pil KB secara rutin bisa membantu mengembalikan keseimbangan hormon, sehingga haid lebih teratur dan beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan oleh hormon juga bisa berkurang.

3. Mengatasi kram dan nyeri haid

Banyak perempuan mengalami masalah kram dan nyeri saat haid. Hal ini diakibatkan oleh senyawa kimia dalam tubuh yang disebut prostaglandin. Masalah ini bisa diatasi dengan mengonsumsi pil KB. Dalam jurnal yang terbit di Human Reproduction menyatakan bahwa pil KB bisa menurunkan kadar prostaglandin dalam tubuh, sehingga bisa mengobati masalah kram dan nyeri haid.

Selanjutnya >>>

4. Mencegah anemia

Saat haid, Bunda rentan terkena anemia. Apalagi jika setiapkali haid, Bunda mengeluarkan banyak darah. Salah satu cara mengobati masalah anemia saat haid ialah dengan konsumsi pil KB hormonal, yang bisa membantu siklus menstruasi menjadi lebih pendek, dan darah yang keluar tidak terlalu banyak. Sehingga anemia pun bisa dicegah.

Selain itu, kini telah hadir jenis pil KB baru yang mengandung zat besi di dalamnya. Dikeluarkan oleh brand kontrasepsi ternama, pil KB Andalan FE diklaim bisa menjadi penolong bagi Bunda yang sering mengalami anemia saat haid. Karena di dalam pilnya terdapat zat besi yang bisa memenuhi kebutuhan zat besi tubuh Bunda selama haid.

5. Membuat kulit wajah lebih halus

Selama ini, banyak perempuan beranggapan bahwa konsumsi pil KB bisa mengakibatkan jerawat. Padahal, jerawat diakibatkan oleh kondisi hormon testosteron yang tinggi di dalam tubuh, dan pil KB bisa menurunkan tingkat hormon testosteron sehingga mencegah timbulnya jerawat dan kulit wajah pun lebih halus.

6. Mencegah penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul disebabkan oleh infeksi pada organ reproduksi, sehingga bisa menganggu kesuburan. Di dalam pil KB terdapat kandungan progestin yang bisa mengikat lendir serviks tebal, sehingga mikroba penyebab infeksi tidak bisa masuk ke leher rahim.

7. Menurunkan risiko kanker

Manfaat pil KB yang bisa menyeimbangkan kadar hormon di tubuh Bunda, juga menurunkan risiko penyakit kanker. Sebuah penelitian tahun 2010 yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology, menyatakan bahwa perempuan yang mengonsumsi alat KB yang mengandung hormon estrogen dan progestin, peluangnya untuk terkena kanker ovarium dan endometrium 50% lebih kecil.

Selanjutnya >>>