IBC, SOLO – Putra Sulung Mantan Wali Kota Solo, Joko Widodo, Gibran Rakabuming (33) Sambangi Dapur Umum (SDU) di Nusukan, Solo, Jawa Tengah, dalam kegiatannya kali ini, terdengar ucapan dari ibu-ibu PKK yang mengaku tetap semangat, kendati sudah memasak sejak pagi hari.

Kegiatannya di RT 3/9 Minapadi, Nusukan tersebut dalam rangka membantu distribusi gizi kepada warga terdampak COVID-19.

Gibran disambut hangat warga yang tampak antusias dengan kedatangan pemilik bisnis kuliner Mangkokku itu. Sambil menyapa warga dan mengucapkan salam, Gibran pun tak luput dari ajakan foto bersama, “Jaga jarak nggih, Pak, Bu,” pintanya.

Pantauan di lapangan terlihat relawan bersama Ibu-ibu PKK telah menyiapkan ratusan porsi menu sup matahari, jus buah dan tahu susu.

“Kami siapkan 150 sup makaroni, 150 jus buah yang dibagikan untuk anak dan lansia. Kami juga siapkan 100 boks tahu susu yang nanti akan didistribusikan ke rumah-rumah warga di sini,” ujar Ardiyanti selaku penanggung jawab acara.

Sekelompok ibu-ibu yang sejak pagi memasak sangat antusias terlibat pada kegiatan dapur umum itu. “Dari jam 10. Tapi kami semangat banget, seneng Mas Gibran bisa dateng ke sini. Insya Allah kami dukung sepenuhnya Mas Gibran buat jadi pemimpin di kota ini,” ujar mereka.

Warga yang antri terlihat tertib membawa masker dan alat makan sendiri. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Acara ini pun rutin dilakukan relawan setiap Jum’at dalam rangka membantu masyarakat sekitar. “Kalau tempat bagi-bagi makanan di Jum’at berkah ini berpindah-pindah, karena kami juga pengen sebarannya lebih luas lagi,” pungkas Ardiyanti menjelaskan.

Penulis : TN|Editor : SD