IBC, PADANG – Dalam peta politik di Sumatra Barat (Sumbar), Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Fakhrizal saat ini dikenal sebagai satu-satunya tokoh yang akan maju di Pilkada Sumbar mendatang dari calon perseorangan (independen).

Fakhrizal yang berpasangan dengan Wali Kota Pariaman, Genius Umar, optimis menang dalam helatan lima tahunan itu.

Sekilas nampak, tidak ada yang berbeda dari pria berkumis itu. Tidak ada sekat dan dinding pembatas. Mantan Kapolda Sumbar itu sudah terbiasa membaur dengan semua kalangan masyarakat. Saat berjumpa dengan siapapun, dia selalu menyambut dengan senyum. Itulah ciri khas yang selalu melekat padanya.

Jenderal rendah hati yang santun, Jenderal ‘Niniak Mamak‘, (panggilan adat yang dituakan, yang disegani di adat dan mempunyai pengaruh besar – red) masyarakat menyebutnya.

Menurut Fakhrizal ada tiga hal pokok yang harus ada pada diri seorang pemimpin, yaitu hati, empati, dan bijaksana.

Jika pemimpin mengesampingkan empati, maka akan banyak ketimpangan yang akan terjadi. Begitu juga dengan hati, pemimpin itu harus bisa merasakan apa yang terjadi di tengah masyarakat. Jangan hanya memikirkan diri sendiri atau kelompok.

“Jangan hilangkan hati dalam memimpin, berempatilah terhadap warga,” ujarnya saat berbincang-bincang beberapa waktu lalu.

Selanjutnya >>>