IBC, JAKARTA – Hiu paus, makhluk agung yang juga merupakan ikan terbesar di dunia, jauh lebih lembut daripada namanya. Mereka berenang dengan malas di sekitar perairan tropis, mencari makan di atas plankton.

Sekarang, para ahli biologi telah menemukan bahwa raksasa yang penuh teka-teki memiliki trik aneh di lengan baju mereka (sisik seperti gigi menghiasi bola mata mereka – red).

“Bola mata menghadapi potensi risiko kerusakan dari bahaya mekanis, kimia, dan biologis,” tulis para peneliti dalam makalah baru yang  menjelaskan temuan itu.

Tampaknya versi kelopak mata hiu paus, dan yang belum pernah kita lihat di vertebrata lainnya.

“Laporan ini menguraikan adaptasi mata hiu paus (Rhincodon typus), termasuk penemuan bahwa mereka ditutupi dengan dermal denticles, yang merupakan mekanisme baru perlindungan mata pada vertebrata,”

Render 3D dari morfologi setiap denticle mata. (Foto : Tomita et al, PLOS One, 2020)

Dermal denticles, juga dikenal sebagai  timbangan plasoid adalah timbangan tangguh kecil yang menutupi hiu dan pari. Tapi meskipun mereka adalah sisik seperti yang kita pikirkan mereka, mereka juga struktural sangat mirip dengan gigi, dan mencakup inti dari pulp, lapisan tengah dentin atau tulang jaringan, dan enamel-seperti hard lapisan di atas.

Selanjutnya >>>