IBC, TALIABU – Berhamburannya sampah pada sejumlah titik pembuangan sampah sementara di Ibukota Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, diakibatkan mobil pengangkut sampah sementara bermasalah, sehingga sampah yang tadinya mau dibuang ke TPA kini dibiarkan begitu saja.

Dalam amatan media dilokasi Pasar Kota Bobong, Rabu (8/07/2020), sampah yang berhamburan dari beberapa hari yang lalu, diantaranya sampah basah (garbage) yang mudah membusuk seperti sampah sayuran, sisa dapur dan lain-lain, serta sampah kering (Rubbish : organik dan anorganik) yang tidak membusuk, seperti plastik dan kertas. Hal itu terkesan lamban dituntaskan oleh pihak-pihak instansi terkait.

Sampah dilokasi Pasar Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, FOTO : HVD/IBC

“Masalahnya sampah dalam kota ini mengundang lalat yang besarnya seperti burung, dan sampai masuk dalam rumah, itu kalau hinggap di makanan jadi penyakit. Apalagi sampah yg menumpuk dekat dengan rumah warga,” ujar salah satu Ibu rumah tangga, yang enggan disebut namanya, Rabu (8/07/2020).

Selanjutnya, jika akses jalan yang tidak bisa sampai ke TPA, maka Dinas Lingkungan Hidup yang menangani masalah ini harus melakukan Koordinasi ke Instansi yang berfungsi dibagian pembenahan akses jalan.

“Karena sampah yang ada sudah sangat berbau dan banyak lalat, kalau sampah tidak diangkut akan menimbulkan penyakit Apalagi ini musim hujan dan tidak lama lagi kita hadapi lebaran (Idul – adha), apalagi menjelang lebaran volume sampah juga meningkat. Jadi secepatnya sampah – sampah dibersihkan, instansi – instansi terkait segera selesaikan masalah yang ada,” tegas Ibu tadi.

Sampah dilokasi Mangga 1 Desa Bobong, Foto: HVD/IBC

Selanjutnya >>>